HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Salat Gerhana Digelar di Tiga Ribu Masjid di Jember

2

HARIANACEH.co.id – Sebanyak 3.000 masjid di Jember, Jawa Timur, menggelar salat gerhana matahari pada Rabu pagi 9 Maret. Lantaran itu, Dewan Masjid Kabupaten Jember pun mengajak warga setempat untuk mengikuti salat gerhana di masjid terdekat.

Ketua Dewan Masjid Kabupaten Jember, KH Hawari Hamim, mengatakan sudah berkoordinasi dengan takmir untuk menggelar salat gerhana. Salat sunah dua rakaat itu bertujuan memohon perlindungan dan keselamatan pada Allah SWT. Sekaligus, salat menjadi kegiatan dan pendidikan agama.

“Melakukan kegiatan salat sunah juga dapat menjalin ukhuwah Islamiyah antar kaum muslimin di Kabupaten Jember,” kata mantan anggota DPRD Jember itu.

Wakil Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jember Misbahussalam juga menyampaikan hal senada. Ia meminta warga Nahdliyin menggelar salat gerhana secara serentak.

“Kami juga mengimbau seluruh warga nahdliyin untuk melakukan taubat atas dosa yang diperbuat dan memperbanyak pembacaan istigfhar, serta bersedekah,” katanya.

Warga Jember tak dapat menyaksikan gerhana matahari total. Namun warga dapat menyaksikan gerhana matahari sebagian  pada pukul 06.21 hingga 08.40 WIB.

loading...