HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Anak dan Ayah Pengedar Narkoba Ini Dicokok di Bekasi

3

HARIANACEH.co.id – Kepolisian Sektor Pebayuran menangkap dua pengedar narkotika jenis eximer di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Kedua pelaku biasa mengedarkan barang haram itu kepada pelajar.

Kapolsek Pebayuran AKP Siswo menyatakan, dua pelaku yakni, Emis, 40, dan Nandar, 22. Keduanya merupakan bapak dan anak. Mereka dicokok usai polisi mendapati laporan dari salah satu keluarga korban yang overdosis usai mengonsumsi eximer.

“Korban diketahui berinisial RK yang merupakan pelajar SMP,” kata Siswo seperti dilansir Antara, Rabu (9/3/2016).

Siswo menjelaskan, murid sekolah memang menjadi incaran pelaku. Korbannya mulai siswa sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA).

Obat jenis eximer, kata Siswo, berfungsi sebagai antipsikotik. Kementerian Kesehatan telah melarang peredaran obat itu lantaran mampu membuat penggunanya ketergantungan.

Selain mengedarkan eximer, pelaku sehari-hari berprofesi sebagai pengembala sapi. Pelaku nekat menjual eximer sebagai  pendapatan sampingan.

Polisi pun menyita 1.080 butir pil eximer dari tangan pelaku. Ribuan pil itu ada di dalam toples dan siap edar dalam bentuk kemasan plastik kecil.

“Setiap plastik berisi empat butir pil eximer yang siap jual,” ujar Siswo.

Selain itu, polisi juga menyita satu telepon genggam, dompet kecil, dan satu plastik besar buat menyimpan pil eximer. Terdapat pula uang hasil penjualan eximer sebesar Rp265 ribu yang diamankan.

Kedua pelaku dijerat Pasal 196 dan Pasal 197 Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Keduanya terancam pidana penjara 15 tahun dan denda paling banyak Rp1,5 miliar.

loading...