HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Balon Dora the Explorer Digunakan ISIS untuk Intai Musuh

3

HARIANACEH.co.id – Kelompok militan Islamic State (ISIS) dilaporkan sudah mulai kekurangan dana dan menggunakan segala cara untuk memenangkan pertempuran di Irak dan Suriah.

Dalam serangkaian foto di dunia maya, pasukan Kurdi Peshmerga di Irak terlihat berdiri memegang sebuah balon bergambar tokoh kartun ternama dunia, Dora the Explorer.

Balon berwarna terang dengan gambar Dora ditembak pasukan Peshmerga pada awal pekan ini. Sebuah kamera kecil ditemukan terikat di balon tersebut. Pasukan Peshmerga mengunggah temuannya itu ke internet.

“Ini adalah yang digunakan Daesh sebagai drone,” tulis prajurit Kurdi Peshmerga dalam akun Twitter, seperti dilansir Daily Mail, Kamis (10/3/2016). Daesh adalah akronim lain dari ISIS yang menggunakan Bahasa Arab.

“Mereka semakin putus asa. Mereka mengikat kamera kecil dan membiarkannya melayang-layang di atas posisi kami,” lanjutnya.

Selain menggunakan balon, ISIS juga dilaporkan melakukan metode tak biasa untuk melancarkan serangan. Mereka kini menggunakan orang lanjut usia untuk dijadikan pelaku bom bunuh diri. Dalam sebuah foto terbaru di situs pendukung ISIS, terlihat seorang pria bergigi satu yang mengendarai kendaraan penuh bahan peledak ke perbatasan Suriah.

Ada pula laporan yang menyebut ISIS menggunakan peralatan rumah tangga dalam merakit bom. “Di beberapa area, metodenya kian primitif karena mereka semakin putus asa,” ujar seorang sumber kepada Kurdi Peshmerga.

loading...