HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Halo Developer! Google Akan Segera Luncurkan Preview Android N

1

HARIANACEH.co.id – Google meluncurkan preview pertama dari Android N yang ditujukan untuk para pengembang. Setelah itu, Google juga akan membuka Android Beta Program, yang memungkinkan Anda untuk mengunduh versi Android terbaru ke perangkat Nexus.

Sebelum ini, biasanya Google menunjukkan preview dari versi Android yang akan datang dalam konferensi developer Google I/O. Tahun ini, Google I/O direncanakan akan diadakan pada tanggal 18 hingga 20 Mei. Namun, tahun ini, Google memutuskan untuk meluncurkan preview Android N dengan lebih cepat.

Developer preview dari Android N dapat digunakan pada Nexus 6, Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus Player, Nexus 9 dan perangkat Pixel C. Google bahkan menawarkan diskon untuk para pengembang yang ingin membeli Pixel C. Hal ini Google lakukan untuk mendorong para developer untuk mencoba Android N pada tablet.

Inilah beberapa fitur yang ditawarkan pada versi preview dari Android N seperti yang dirangkum oleh VentureBeat.

1. Multi-window

Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuka lebih dari satu window pada ponsel atau tablet. Google memberikan spesifikasi dimensi minimal untuk fitur ini.

2. Direct reply notification

Dengan fitur ini, Anda dapat membalas pesan tanpa harus meninggalkan bagian notifikasi. Pada awalnya, fitur ini tersedia untuk perangkat berbasis Android Wear. Sekarang, fitur ini akhirnya Google bawa ke ponsel dan tablet.

Android N Notifications

3. Grup notifikasi

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengelompokkan notifikasi dari satu aplikasi yang sama. Grup notifikasi dapat kembali dijadikan menjadi notifikasi individual dengan memilih tombol ekspansi.

4. Efisiensi

Fitur Doze dalam Marshmallow mengurangi penggunaan baterai saat smartphone Anda berada dalam keadaan tidak digunakan. Pada Android N, Doze juga akan menghemat daya baterai saat layar smartphone berada dalam keadaan mati.

5. Project Svelte

Google masih berusaha untuk mengurangi besar memori yang diperlukan dari sistem operasi Android. Dengan begitu, diharapkan, Android akan dapat digunakan pada lebih banyak perangkat.

6. Dukungan bahasa pemrograman Java 8

Jack compiler untuk Android memungkinkan developer untuk menggunakan fitur-fitur populer yang ada pada bahasa pemrograman Java 8. Ia dapat digunakan pada Android versi lama. Versi tertua dari Android yang telah disokong adalah Gingerbread.

Android N

Saat ini, Google menekankan bahwa preview Android N ini tidak disarankan untuk digunakan oleh konsumen. Selain itu, Google juga menambahkan, developer preview dari Android N akan sering mendapatkan update. Nantinya, Google juga berencana untuk mengajak para pengguna untuk mencoba Android N sebelum ia dirilis.

Alasan Google merilis preview dari Android N lebih cepat adalah untuk mendapatkan komentar dan saran dari para pengembang dan juga pembuat smartphone. Google menjelaskan, mereka ingin para developer dapat menyiapkan aplikasi mereka agar kompatibel dengan Android N.

Dengan meluncurkan preview Android N dengan lebih cepat, Google berharap akan dapat memberikan versi Android N pada para pembuat smartphone pada musim panas ini, atau sekitar bulan Juni sampai September.

“Pada Android N, Anda akan melihat beberapa perubahan besar yang kami tujukan untuk Anda, para developer. Preview ini muncul lebih cepat dan ia mudah untuk dicoba. Kami juga terus mencari cara baru agar Anda dapat berikan saran pada kami,” kata Google’s SVP for Android, Chrome OS, and Chromecast Hiroshi Lockheimer.

loading...