HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

John Gutfreund, Sang Raja Wall Street Meninggal Dunia

1

HARIANACEH.co.id – John Gutfreund, pedagang obligasi legendaris dan mantan Chief Executive dari Salomon Brothers, meninggal dunia pada usia 86.

Gutfreund dijuluki sebagai “King of Wall Street” oleh Business Week pada 1985, karena Salomon merevolusi perdagangan obligasi. Perusahaan tersebut memainkan peran penting dalam menciptakan efek beragun aset, serta inovasi lainnya.

“Pada saat tertentu di lantai perdagangan, miliaran dolar sedang dipertaruhkan oleh pedagang obligasi,” tulis Michael Lewis, penulis buku ‘Liar’s Poker’ pada 1989, seperti dilansir dariReuters, Kamis (10/3/2016).

“Gutfreund menarik perhatian di tempat tersebut dengan hanya berkeliaran dan mengajukan pertanyaan ke para pedagang. Sebuah indra keenam membimbingnya ke mana pun krisis berlangsung. Gutfreund tampaknya mampu mencium bau uang yang hilang,” jelas Lewis.

Setelah bergabung bersama Salomon Brothers sebagai trainee di departemen statistik, penghasilan sebesar USD45 per minggu pada 1950 pun diraihnya. Gutfreund naik jabatan menjadi kepala perusahaan pada 1978.

Gutfreund lantas menawarkan saham Salomon Brothers ke publik dan memperoleh USD40 juta untuk kantong pribadinya. Dia tak selamanya menikmati kesuksesan, dia dipaksa keluar pada 1991 karena skandal Treasury perdagangan obligasi.

Namun demikian, Gutfreund memperoleh dana sebesar USD3,1 juta pada 1986. Adapun uang tersebut lebih besar dari CEO di Wall Street lainnya pada saat itu.

John Gutfreund
John Gutfreund, Si Raja Wall Street. (JOHN MCGRAIL/THE LIFE IMAGES COLLECTION/GETTY IMAGES)
loading...