HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Korea Utara Berhasil Ciptakan Hulu Ledak Nuklir Ukuran Kecil

4

HARIANACEH.co.id – Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un mengklaim negaranya berhasil membuat hulu ledak nuklir dalam ukuran kecil.

Berdasarkan keterangan media Korut, KCNA, hulu ledak kecil itu bisa ditempatkan di rudal balistik. Dengan kemampuan ini, Korut mengklaim bisa melakukan upaya pencegahan yang sebenarnya atas serangan dari luar.

“Hulu ledak nuklir sudah disesuaikan untuk rudal balistik dengan cara membuat versi kecilnya,” ujar Kim Jong-Un, kepada KCNA, seperti dikutip Reuters, Rabu (9/3/2016).

“Hulu ledak nuklir itu merupakan alat thermonuklir,” lanjut Jong-Un.

Klaim Jong-Un ini dilontarkannya setelah beberapa hari sebelumnya Komisi Pertahanan Nasional Korut mengancam melakukan serangan nuklir, ke Korea Selatan (Korut) dan Amerika Serikat (AS). Serangan itu mereka anggap sebagai langkah pencegahan.

Latihan perang yang dilakukan oleh Korsel dan AS menjadi alasan mengapa ancaman tersebut dikeluarkan. Korut melihat latihan perang dalam skala besar itu sebagai bentuk provokasi.

“Korut tidak akan pernah ragu untuk melakukan serangan pencegahan berupa serangan nuklir, dalam upaya untuk mempertahankan kedaulatan nasional dari serangan AS dan sekutunya,” tegas Kim Jong-Un.

Ketegangan militer terus meningkat di Semenanjung Korea, sejak Korut melakukan uji coba nuklir keempat pada Januari 2016 lalu. Kondisi makin memanas di saat Korut melakukan uji coba roket jarak jauh pada Februari lalu.

Dewan Keamanan PBB pun merespons kondisi ini dengan menerapkan sanksi baru terhadap Korut pekan lalu. Penerapan sanksi itu dikecam oleh Korut dan PBB dianggap oleh Negara Komunis itu melakukan konspirasi dengan AS untuk menjatuhkan kekuasaan Kim Jong-Un dengan paksa.

loading...