HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Mata Uang Garuda Berpeluang Tunjukkan Sentimen Penguatan

1

HARIANACEH.co.id – Mayoritas kurs di Asia menguat terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Rabu di saat pasar keuangan Indonesia tutup. Bahkan, hingga Selasa sore rupiah tertekan pelemahan ketika dolar kembalikan kekuatannya di Asia.

Analis Samuel Sekuritas, Rangga Cipta, mengatakan, kenaikan cadangan devisa yang seharusnya meningkatkan kepercayaan diri investor, dibaca sebagai usaha dari Bank Indonesia (BI) yang tidak menginginkan rupiah menguat terlalu cepat dalam waktu singkat.

“Hari ini, rupiah berpeluang mengembalikan sentimen penguatannya. Faktor global seperti harapan stimulus oleh ECB diperkirakan mampu mengangkat optismisme di pasar keuangan Asia,” tutur dia, dalam hasil risetnya, di Jakarta, Kamis (10/3/2016).

Dia menambahkan, harga minyak brent kembali melanjutkan penguatannya hingga Kamis dini hari walaupun hanya tipis. Itu sejalan dengan pelemahan euro yang tertekan ekspektasi penambahan stimulus oleh ECB yang pertemuannya akan disimpulkan pada Kamis malam.

“Pagi ini ditunggu angka inflasi Tiongkok yang diperkirakan stabil di kisaran 1,8 persen YoY. Initial jobless claims AS ditunggu malam nanti diperkirakan turun tipis,” pungkas dia.

loading...