HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Presiden Jokowi Ingin Indonesia bisa Jadi Pusat Logistik se-Asean

1

HARIANACEH.co.id – Presiden Joko Widodo menginginkan Indonesia menjadi pusat logistik se-Asean. Sebab, hampir separuh produk domestik bruto (PDB) negara-negara Asia Tenggara berada di Indonesia.

“Sangat lucu sekali, PDB negara-negara ASEAN, 45% ada di Indonesia. Konsumsi juga paling besar di Indonesia,” kata Jokowi saat peresmian Pusat Logistik Berikat di kawasan industri Cipta Krida Bahari, Cakung, Jakarta Utara, Kamis (10/3/2016).

Menurut Jokowi, tidak masuk akal bila produksi dilakukan di Indonesia tapi bahan baku diimpor dari negara tetangga. Terlebih tingginya biaya logistik mencapai dua kali lipat dibandingkan Singapura dan Malaysia.

“Tapi kita mau beli apa saja harus pergi ke negara lain, apa-apaan? Buat saya tidak, produksinya di sini kok gudangnya di negara lain,” tegas dia.

Suami Iriana ini menuturkan, beroperasinya 11 pusat logistik di Balik Papan, Cakung, Cikarang, Karawang hingga Denpasar akan menjadi awal pindahnya barang kebutuhan industri dari negara tetangga ke gudang-gudang di Indonesia. Keberadaan Pusat Logistik Berikat akan membuat ongkos produksi semakin murah dan efisien.

“KIta harapkan nantinya ada perpindahan besar-besaran logistik yang dulu kita harus ambil dari negara lain, dengan fasilitas-fasilitas yang kita berikan di PLB maka akan berbondong-bondong datang ke sini,” tuturnya.

Dia menerangkan, gudang logistik multi-fungsi itu akan diberikan fasilitas Insentif fiskal dan Insentif non fiskal. Insentif fiskal mencakup penangguhan bea masuk, pembebasan cukai, dan tidak dipungut pajak dalam rangka impor (PDRI).

“Kita berikan insentif supaya PDB berlomba-lomba masuk ke kita,” tandasnya.

PLB merupakan realisasi dari Paket Kebijakan Jilid II yang dikeluarkan pada Oktober 2015. Payung hukum PLB berupa Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 85 Tahun 2015 tentang Perubahan atas PP Nomor 32 Tahun 2009 tentang Tempat Penimbunan Berikat serta Peraturan Menteri Keuangan Nomor 272/PMK.04/2015 tentang Pusat Logistik Berikat.

loading...