HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Ada 1 Miliar Lebih Pengguna Jaringan 4G LTE

174

HARIANACEH.co.id – 4G-Reports mengumumkan jaringan 4G LTE telah digunakan oleh lebih dari 1 miliar pengguna. Tiongkok, Amerika Serikat dan Jepang menjadi tiga negara dengan pengguna 4G LTE terbanyak di seluruh dunia.

Seperti yang dilansir Next Power Up, jumlah pengguna di tiga negara tersebut mencakup dua per tiga dari total keseluruhan pengguna jaringan 4G LTE di seluruh dunia. Sementara itu, pada kuartal empat 2015, analis dari Global LTE Pricing Tariff Tracker melaporkan sebanyak 248 jaringan 4G LTE beroperasi secara aktif di 155 negara.

Jumlah pada kuartal empat tahun lalu ini disebut mengalami peningkatan dari jumlah pengguna di bulan Juni 2015, yaitu sebanyak 393 jaringan di 138 negara. Laporan 4G-Report juga menyebut jaringan LTE tengah berkembang dengan pesat, dengan menggarisbawahi sejumlah tren utama.

Dua dari tren tersebut adalah pengenalan layanan LTE-A, yang disebut menyuguhkan kecepatan unggah dan unduh lebih cepat, serta perluasan cakupan jaringan.

Menurut Betanews, perluasan cakupan jaringan 4G LTE telah dilakukan, salah satunya oleh perusahaan asal Malaysia, DiGi, yang mencakup 65 persen populasinya, serta peluncuran layanan VoLTE (Voice over LTE) di beberapa negara, termasuk di Indonesia.

Selain itu, laporan ini juga menyebut, telah menjadi pasar besar, LTE dinilai masih belum mencapai masa kematangannya, dan operator mobile harus tetap meningkatkan tingkat penetrasinya, terutama pada segmen pengguna pra-bayar.

loading...