HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Penulis Tiongkok Ini Hasilkan Empat Buku, Menulisnya dengan Kaki

1

HARIANACEH.co.id – Lahir prematur dengan cacat yang dinamakan cerebral palsy dan tidak dapat menggunakan lengannya, tak membuat wanita ini patah semangat. Dia bahkan bisa menulis empat buku dengan kakinya.

Sun Lukang, 25 tahun, mulai menulis dengan kakinya pada usia tujuh tahun. Lalu, ia beralih dengan mengetik pada 2002 ketika orangtuanya membelikan komputer.

“Benar-benar sulit ketika saya menulis menggunakan pena dengan kaki, pena akan selalu lepas dari jari kaki saya,” kata Lukang, seperti dikutip CNN, Jumat (11/3/2016).

Selama 10 tahun terakhir, ia telah menelurkan empat buku dalam berbagai genre, termasuk puisi. Buku-buku karyanya dijual di toko buku lokal di kota Qingdao, Tiongkok, tempat di mana ia tinggal.

“Ini merupakan gairah saya. Saya merasakannya saat masih di sekolah dasar,” lanjutnya.

Lukang juga menggunakan kakinya untuk mengerjakan kegiatan sehari-hari lainnya, seperti makan, menyisir rambut, dan menggunakan telepon genggam.

Ia berhenti sekolah setelah menyelesaikan sekolah dasarnya dengan alasan kesehatan. Lalu, ia berfokus pada menulis di rumah dan belajar sendiri agar ia bisa melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

Lukang mengatakan kesulitan yang dialami tak pernah menghentikannya untuk menginspirasi pembaca melalui tulisan.

loading...