HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Terhambat Dana, Masjid Hasanul Basri Tidak Siap-Siap Dibangun

1

HARIANACEH.co.id, BIREUEN – Pembangunan masjid Hasanul Basri yang beralamat di Desa Cot Teubee, Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen telah mencapai 30 persen. Namun penyelesaiannya terhambat dikarenakan dana yang digunakan masih kurang.

Ketua panitia pembangunan, Muhadi M.Thaib mengatakan, Masjid tersebut dibangun pada tahun 2012, awalnya masjid tersebut dibangun atas swadaya masyarakat. Namun, karena dana ala kadarnya, sehingga pembangunan terhambat lantaran dana yang tidak mencukupi.

“Dulu pada tahun 2006 Mesjid ini didirikan, namun semakin tahun semakin bertambah jamaah membuat kita sebagian terpaksa shalat diluar, jadi kita bangun kembali dengan kapasitas 600 jamaah,” ujar Mahdi dalam keterangan tertulisnya yang diterima HARIANACEH.co.id, seraya mengatakan awalnya Mesjid tersebut hanya berkapasitas 150 Jamaah.

Dikatakannya, selama proses pembangunan, Masjid tersebut pernah menerima bantuan dari salah seorang anggota DPRA dari Dapil Bireuen. Namun demikian, dana tersebut belum mencukupi untuk pembangunannya.

“Ada bantuan dari anspirasi Pak Murdani DPRA, tapi belum mencukupi untuk pembangunan,” katanya, Jum’at, 11 Maret 2016.

Selain itu, lanjut Muhadi, dengan diperluasnya masjid ini diharapkan agar saat menjalankan ibadah Salat tidak ada lagi yang diluar masjid seperti sebelum-sebelumnya.

“Selama ini jamaah yang menjalankan Shalat jumat, Sholat Idul Fitri & Idul Adha serta Shalat Gerhana yang seperti kemaren sangat banyak yang masih diluar, mereka terpaksa menggunakan tikar dan sajadah untuk bisa Shalat bahkan dibawah terik matahari sekalipun,” imbuh Muhadi.

Muhadi juga menambahkan kalau Masjid ini juga biasa digunakan untuk pengajian ibu-ibu, bapak-bapak dan juga untuk peringatan hari besar islam.

Dikatakan Muhadi bagi masyarakat / donatur yang ingin memberikan bantuan berupa barang juga bisa.

“Saat ini bahan-bahan yang dibutuhkan berupa semen karena ini kita baru proses pembangunan,” jelas Muhadi.

Bagi masyarakat yang ingin memberikan bantuan berupa dana maupun barang, bisa langsung menghubungi nomor Tgk Rasyidin A Gani selaku Tgk Imum Syik Mesjid yang juga pimpinan Dayah Darussa’dah Cot Jabet, Gandapura (085260678768) Atau juga bisa menghubungi Muhadi selaku ketua panitia pembangunan (085262081828).

“Mesjid ini meliputi 4 Desa yaitu Cot Teubee, Tanjong Bungong, Cot Rambat dan Cot Jabet,” tutup Muhadi.

loading...