HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

1900: Today in History, Arsenal Cetak Rekor Kemenangan Terbesar

2

HARIANACEH.co.id – Arsenal membuat sebuah rekor fantastis pada 12 Maret 1990. Hari ini, 116 tahun yang lalu The Gunners mencatatkan rekor kemenangan terbesar.

Rekor tersebut tercipta saat Arsenal yang kala itu masih bernama Woolwich Arsenal berhadapan dengan Loughborough Town pada lanjutan kompetisi divisi dua Liga Inggris.

Menjamu Loughborough di Manor Ground di kawasan Plumstead, sebelah tenggara London, Arsenal tanpa ampun menghajar tamunya tersebut dengan satu lusin gol tanpa balas (12-0).

Kemenangan fantastis Arsenal tersebut sekaligus menjadi pembalasan atas kekalahan telak 0-8 yang mereka alami dari Loughborough pada Desember 1896. Kekalahan tersebut merupakan rekor kekalahan terbesar Arsenal.

Harry Bradshaw adalah pelatih yang memimpin The Gunners meraih kemenangan fantastis tersebut. Dia memimpin Woolwich Arsenal dari 1899 hingga 1904 dan membawa klub tersebut mencetak sejarah untuk pertama kalinya promisi ke divisi utama pada 1903–1904.

Kemenangan 12-0 sejatinya bukanlah kemenangan terbesar yang pernah dicatatkan Arsenal. Mereka pernah mencatatkan rekor menang 26-1 saat menghadapi Paris XI pada 1904. Akan tetapi, kemenangan 12-0 kontra Loughborough hingga kini tercatat sebagai kemenangan terbesar yang dicatatkan Arsenal di kompetisi liga Inggris.

loading...