HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Juve Kokoh di Puncak Klasemen Setelah Kalahkan Sassuolo

3

HARIANACEH.co.id – Juventus makin kokoh di puncak klasemen sementara Serie-A usai menang tipis 1-0 atas tamunya Sassuolo pada giornata ke-29, Sabtu 12 Maret dini hari tadi. Gol tunggal Paulo Dybala membawa Juve memimpin enam poin dari Napoli dalam perburuan trofi scudetto.

Tampil di hadapan publik sendiri di Juventus Stadium, Juve langsung mengambil inisiatif serangan. Dybala langsung menebar ancaman serius di menit kedua lewat sepakan voli dari luar kotak penalti. Beruntung bagi Sassuolo, kiper Andrea Consigli cukup sigap menepis bola.

Sassuolo tidak tinggal diam. Pada menit keempat, mereka balik mengancam lewat sepakan voli Matteo Politano yang hanya tipis melintas di sisi gawang Gianluigi Buffon.

Juventus mendapatkan peluang emas pada menit ke-17 ketika sebuah umpan silang berhasil ditanduk Alex Sandro di tiang jauh. Namun, lagi-lagi Sassuolo diselamatkan oleh penampilan cekatan Consigli.

Dua menit berselang, giliran Sassuolo yang nyaris membuka keran gol. Duncan hampir mengulang sukses mencetak gol spektakuler seperti saat melawan AC Milan, akhir pekan lalu. Sayang, kali ini sepakan voli dari luar kotak penaltinya masih menyamping tipis di sisi gawang.

Juve yang tampil dominan akhirnya berhasil membuka gol pada menit ke-36. Dybala jadi aktor utamanya. Menerima umpan Juan Cuadrado di tepi kotak penalti, bintang muda Argentina ini mencetak gol indah dengan sepakan melengkung yang meluncur mulus ke gawang Consigli. Skor 1-0 untuk Juventus menutup babak pertama laga.

Di babak kedua, Juventus masih menunjukkan dominasinya. Berbagai variasi serangan dipertontonkan anak-anak Turin sehingga memaksa para pemain Sassuolo fokus menjaga pertahanan. Sejumlah peluang pun berhasil diciptakan Juve namun belum ada gol tambahan.

Memasuki menit ke-71, Juve berpeluang menambah gol andai Sami Khedira dan Juan Cuadrado lebih tenang dalam menyelesaikan peluang. Sepakan keduanya dalam suatu momen, gagal berbuah gol.

Sassuolo baru mendapat peluang emas di menit ke-75 lewat tendangan jarak jauh Nicola Sansone. Namun, Sansone dipaksa gigit jari lantaran Buffon masih mampu meredamnya. Pada menit ke-77, Juve membalas lewat Paul Pogba yang baru sekitar empat menit masuk ke lapangan. Namun, sepakan Pogba masih bisa diblok Consigli.

Pertandingan kian menarik memasuki lima menit terakhir laga. Sassuolo kembali mendapat peluang menyamakan kedudukan lewat Sansone. Namun, dia kembali dibuat gigit jari lantaran sepakan kerasnya lagi-lagi mampu dibendung Buffon yang sukses mencatatkan clean sheet ke-10 nya di musim ini. Skor 1-0 untuk kemenangan Juve bertahan hingga laga usai.

Dengan kemenangan ini, Juventus berhasil memperlebar jaraknya dengan pesaing terdekatnya di klasemen sementara Liga Italia Serie-A, Napoli. Juve duduk nyaman di puncak klasemen dengan 67 poin atau unggul enam angka dari Napoli.

Kemenangan ini sekaligus menjadi modal berharga Juventus jelang laga tandang ke markas Bayern Muenchen pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions, tengah pekan ini. Juve yang berhasil menahan imbang Muenchen 2-2 di leg pertama, hanya butuh hasil imbang dengan selisih di bawah dua gol jika ingin lolos ke babak perempat final.

Susunan Pemain:

Juventus: Buffon; Rugani, Bonucci, Barzagli; Cuadrado, Khedira/Pogba (72′), Marchisio, Asamoah, Alex Sandro; Dybala/Morata (80′), Mandzukic

Sassuolo: Consigli; Vrsaljko, Acerbi, Antei, Peluso; Duncan, Magnanelli, Biondini/Pellegrini (69′); Politano, Falcinelli/Trotta (78′), Sansone

loading...