HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Keberadaan Indonesia di Timur Tengah Miliki Kredibilitas Tinggi

1

HARIANACEH.co.id – Hubungan diplomatik Indonesia dan Yordania sudah terbangun sejak lama. Keberadaan Indonesia di Timur Tengah juga dianggap karena miliki kredibilitas tinggi.

Menurut Presiden dari Asosiasi Persahabatan Indonesia-Yordania (JIFA) Luay M.Khashman yang paling penting dilakukan dalam hubungan Yordania dan Indonesia saat ini adalah komunikasi. Ini termasuk pula saling bertukar pendapat jika ada masalah, tentunya juga membentuk mekanisme kerja sama di wilayah internasional.

“Saat ini Indonesia adalah negara Muslim terbesar di dunia. Indonesia adalah negara memiliki posisi bagus di Asia Tenggara dan di antara negara Muslim,” ujar Khashman, di kediamannya di Amman, Yordania, Jumat kemarin (11/3/2016).

“Indonesia bisa memainkan peran penting di Timur Tengah dan internasional. Kunjungan Menlu Retno Marsudi sangat penting karena sangat berguna, karena bersama Menlu Yordania mereka akan membahas isu di Timur Tengah, kemudian juga masalah Palestina,” imbuhnya.

Khashman pun menyoroti peran Indonesai saat menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Organisasi Kerja sama Islam (KTT LB OKI) ke-5 di Jakarta. KTT itu membahas khusus tentang Palestina dan kondisi di Al-Quds Al-Sharif.

“Kami tidak bisa melupakan peran Indonesia dalam KTT LB OKI. Karena skalanya sangat besar,” imbuh Khashman.

Mantan Duta Besar Yordania untuk Indonesia periode 1992-1998 itu meyakini bahwa Indonesia memiliki kemampuan. “Sebagian besar negara Muslim menghormati dan mempercayai Indonesia, karena Indonesia dinilai memiliki kredibiliatas di antara dunia internasional dan Timur Tengah,” tuturnya.

“Mereka sangat menghormati dan mendengarkan Indonesia. MoU yang disepakati antara Indonesia dan Yordania dalam bidang politik, sangat-sangat penting. MoU ini bisa dikembangkan di banyak isu lainnya,” tutupnya.

loading...