HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Terkait PERTAMA, Keuchik se Banda Aceh Diminta Membantu

9

HARIANACEH.co.id, BANDA ACEH – Jelang penutupan masa pendaftaran peserta Pekan Pemuda Remaja Cinta Masjid Indonesia (PERTAMA) pada 5 April 2016, BKPRMI Banda Aceh kembali mengingatkan para Keuchik se Banda Aceh untuk membantu mengirimkan peserta utusan masjid dan meunasah yang ada di gampong, minimal tiga orang. Demikian ungkapan Ustad Mulia Rahman, MA selaku Ketua Panitia PERTAMA, Kamis (31/3) usai bersilaturrahmi dengan pihak Kemenag Banda Aceh.

Masa pendaftaran Pertama, sebut Mulia, berdasarkan surat yang beredar ke Kantor Keuchik se Banda Aceh, berlangsung sejak 5 Februari hingga 5 April 2016. Untuk calon peserta PERTAMA sudah waktunya mendaftarkan diri. “Kuota peserta PERTAMA untuk Banda Aceh, kita berikan 270 orang, sedangkan jumlah peserta PERTAMA dari seantero Aceh, kita targetkan mencapai orang,” sebut Mulia yang juga Instruktur Nasional BKPRMI tersebut.

Untuk pendaftaran peserta, sebut Mulia, syarat yang kita tentukan begitu mudah. Selain mengisi formulir PERTAMA, peserta juga disyaratkan memiliki keahlian tersendiri dalam pengembangan diri serta berusia 16 hingga 35 tahun. “Untuk setiap peserta kita syaratkan juga membayar infaq kegiatan. Bagi pemuda remaja masjid se Kota Banda Aceh, nilai infaq sebesar Rp. 100.000,-/orang sedang untuk pemuda remaja masjid seantero Aceh, infaq dikenakan sebesar Rp 250.000,-/orang,” ujar Ketua Panitia PERTAMA yang mengusung thema berhimpun memakmurkan masjid menuju model masyarakat marhamah.

Hal lain mengenai kepesertaan PERTAMA, Mulia berharap agar para Keuchik di Banda Aceh dapat membantu membiayai kepesertaan PERTAMA yang berasal dari gampong yang asal peserta. Sementara bagi pemuda remaja masjid se Provinsi Aceh yang ingin ikut serta diminta untuk berkoordinasi dengan BKPRMI Kabupaten dan Kota yang ada. “Kegiatan PERTAMA kita arahkan untuk memotivasi diri para pemuda dan remaja agar slalu mencintai masjid dan menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan ummat,” sebut Mulia menambahkan.

Sementara itu, Nazaruddin Ibrahim SE selaku SC PERTAMA, memastikan bahwa acara ‘cinta masjid’ tersebut akan berlangsung di 16 gampong yang ada di Kecamatan Meuraxa Banda Aceh. Acara PERTAMA akan dipadukan dengan rangkaian kegiatan Rakernas BKPRMI, Rakornas LPPDSDM dan Kegiatan LMD II Regional I Sumatera. “PERTAMA ini akan jadi ‘branded’-nya Kota Banda Aceh memakmurkan masjid yang bersinergi dengan kegiatan shubuh keliling DKMA, Safari Dakwah Dai Perkotaan serta acara kemasjidan lainnya,” jelas Nazaruddin mantan Anggota DPRA periode 2009-2014 lalu.

Menurut Nazar, sejumlah mata acara sedang dipersiapkan panitia. Termasuk pula persiapan akomodasi untuk peserta yang ditempatkan di rumah-rumah penduduk serta gedung aset gampong yang ada. “Secara kasat mata, persiapan sudah kian matang. Kita doakan tidak ada kendala apapun dalam acara PERTAMA 2016 ini,” sebut Nazar.

Daftar Gampong penempatan PERTAMA 2016

Snap 2016-04-03 at 15.26.09

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time