HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Pentagon: Abu Bakr al-Baghdadi Bakal Sama seperti Osama bin Laden

1

HARIANACEH.co.id – Kementerian Pertahanan Amerika Serikat atau Pentagon mengingatkan bahwa pemimpin kelompok militan Islamic State (ISIS) Abu Bakr al-Baghdadi pada akhirnya akan “merasakan keadilan” seiring berlanjutnya operasi militer AS dalam menghabisi ISIS.

“Kami terus memburunya dan kami akan menemukan dia,” kata juru bicara Pentagon Kolonel Steve Warren, seperti dikutip AFP, Sabtu (2/4/2016).

“Dia akan berakhir seperti kami telah menemukan dan membunuh mentornya, (Abu Musab) al-Zarqawi. Dia juga akan berakhir seperti saat kami menemukan dan membunuh master terorisme, Osama bin Laden. Kami akan menemukan Baghdadi, dan dia akan mendapatkan keadilan,” sambung Warren.

Prediksi Warren dilontarkan saat koalisi pimpinan AS membidik sejumlah petinggi ISIS di Irak dan Suriah dalam beberapa pekan terakhir, termasuk Abd ar-Rahman Mustafa al-Qaduli, atau dikenal juga dengan Haji Imam, yang merupakan orang nomor dua di ISIS.

“Saya tidak tahu apakah keadilan itu akan datang dari misil Hellfire, atau penjara gelap di suatu tempat, yang jelas dia akan mendapatkannya,” tegas Warren terkait Baghdadi.

Departemen Keadilan AS telah menawarkan uang hadiah hingga USD7 juta atas informasi yang dapat berujung pada penangkapan atau kematian Qaduli. Dia disebut-sebut sebagai calon pengganti Baghdadi, yang juga diburu dengan iming-iming hadiah USD10 juta.

Warren mengatakan Baghdadi menghabiskan waktunya di Irak dan Suriah, di mana ISIS menguasai banyak daerah dari kedua negara itu sejak 2014.

Pekan lalu Menhan Ashton Carter mengatakan militer AS “secara sistematis menghabisi” struktur kepemimpinan ISIS.

Omar al-Shishani, pria dengan sebutan “Omar dari Chechen” yang disebut sebagai ‘Menhan ISIS,’ tewas dalam serangan koalisi bulan lalu.

loading...