HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Benarkah Cara FBI Meretas iPhone Bakal Segera Terungkap?

1

HARIANACEH.co.id – Pertarungan antara Apple dan FBI memang telah berakhir dengan pihak FBI yang membatalkan permintaannya kepada Apple untuk membuka sistem enkripsi di iPhone milik pelaku penembakan San Bernardino.

FBI mengatakan kepada publik, mereka telah mengetahui bagaimana caranya membuka sistem enkripsi yang ada di iPhone. Sayangnya, trik yang digunakan oleh FBI ini tampaknya akan bocor ke masyarakat dalam waktu dekat.

Menurut SlashGear, beberapa ahli keamanan digital dan tim ahli Apple mengatakan bahwa bagaimanapun, trik yang digunakan oleh FBI untuk menjebol sistem keamanan iPhone akan segera bocor ke luar agensi pemerintah.

Mereka berpendapat, ini adalah kabar baik bagi para konsumen yang sangat memperhatikan privasi, karena informasi tersebut pastinya akan sampai ke Apple, dan celah keamanan di iPhone bisa segera ditambal.

“FBI harus menyadari bila menyimpan rahasia trik tersebut tidak akan menjamin bahwa publik akan mengetahuinya. Informasi tersebut hanya akan bertahan beberapa bulan sebelum bocor ke departemen lainnya, lalu ke masyarakat,” ujar salah satu ahli forensik digital, Jonathan Zdziarski. “Informasi ini akan menyebar dengan cepat, karena banyak pihak yang menginginkannya.”

Ke depannya, FBI juga dikatakan bisa dituntut oleh berbagai pihak jika mereka menggunakan metode yang sama untuk mengeksploitasi informasi digital di perangkat pribadi seseorang.

Misalnya, ketika FBI memutuskan untuk membobol iPhone seorang tersangka dalam sebuah kasus, pihak pengacara bisa saja meminta FBI untuk memberitahu bagaimana iPhone tersangka dibobol dengan alasan memastikan data apa saja yang dieksploitasi.

Pertarungan antara Apple dan FBI memang berakhir, namun tidak sepenuhnya. Jika Apple berhasil menutup celah keamanannya, FBI dipastikan akan meminta Apple kembali untuk membuka sistem enkripsi pada sistem di perangkatnya dan pooerseteruan akan kembali terulang.

loading...