HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Donald Trump: Jepang Harus Mampu Jaga Diri Sendiri Tanpa AS

7

HARIANACEH.co.id – Calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik, Donald Trump menegaskan keyakinannya bahwa Jepang harus mempersenjatai diri sendiri untuk mencegah ancaman dari Korea Utara (Korut).

“Mereka seharusnya bertahan sendiri daripada dilindungi oleh militer AS dari bangsa nuklir itu,” ungkap Trump di sebuah acara kampanye di Wausau, Wisconsin, seperti dikutip CNN,Senin (4/4/2016).

“Jika negara (Korut) itu menyerang, Anda tahu apa yang akan terjadi. Mengerikan. Jika mereka ingin lakukan, mereka lakukan,” lanjutnya.

Ia juga menambahkan bahwa Korea Selatan (Korsel) juga harus melindungi dirinya sendiri tanpa bantuan militer AS. Awal pekan ini, Trump sudah melontarkan komentar terkait dua negara musuh Korut ini untuk melindungi diri sendiri tanpa bantuan AS.

Saat ini, ada 54.000 tentara AS yang berada di Jepang dan sekitar 28.500 tentara AS berada di Korsel.

Menanggapi pernyataan miliarder tersebut, Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe mengatakan siapa pun yang menjadi presiden berikutnya dari AS, kerjasama Jepang dan AS adalah landasan diplomasi Jepang.

Presiden AS, Barack Obama pun merespon pernyataan Trump dengan mengatakan Trump tidak mengerti tentang kebijakan luar negeri, apalagi terkait polemik Semenanjung Korea.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time