HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Retas Perangkat Terenkripsi, FBI akan Dibantu Penegak Hukum Lokal

8

HARIANACEH.co.id – FBI telah memberitahu pihak penegak hukum lokal bahwa mereka akan memberikan bantuan teknis untuk meretas sistem keamanan pada iPhone yang ada dalam kasus kriminal di AS jika hal tersebut memang diizinkan oleh hukum.

Dalam sebuah surat untuk para penegak hukum, FBI mengatakan bahwa mereka mengerti akan kesulitan yang mereka hadapi saat tersangka “menghilang” karena mereka tidak mampu membaca pesan atau menyadap komunikasi sang tersangka.

“Seperti yang sudah diatur oleh regulasi kami selama ini, FBI tentu saja akan memberikan semua tool yang kami punya untuk membantu rekan kami. Kami akan terus membantu Anda sesuai dengan batasan hukum dan regulasi kami,” tulis FBI dalam surat yang berhasil didapatkan oleh BuzzFeed.

Menurut laporan ZDNet, surat tersebut dikirimkan beberapa hari setelah pemerintah AS memutuskan untuk membatalkan sidang pengadilan dengan Apple – yang menolak untuk membuat sistem operasi khusus tanpa adanya fitur keamanan yang biasa Apple tanamkan.

CEO Apple Tim Cook percaya, hal ini pada akhirnya akan membuat backdoor untuk semua iPhone dan iPad lain.

Setelah itu, pemerintah meminta bantuan pihak ketiga, yang diduga adalah sebuah perusahaan keamanan asal Israel, Cellebrite, meski pemerintah tidak pernah mengkonfirmasi hal ini. Dengan bantuan pihak ketiga tersebut, FBI akhirnya berhasil meretas iPhone 5c dalam kasus San Bernardino tanpa bantuan Apple.

Beberapa hari kemudian, FBI setuju untuk membantu penuntut asal Arkansas untuk membuka iPhone menggunakan metode baru yang mereka temukan. Hingga saat ini, FBI menolak untuk memberitahu metode apa yang mereka gunakan. Mereka juga belum mengatakan apakah mereka akan memberitahu kelemahan yang ada pada sistem iOS kepada Apple.

Keputusan FBI ini menyebabkan munculnya spekulasi bahwa mereka akan menggunakan metode yang sama untuk melakukan dekripsi pada perangkat terenkripsi lainnya. Hal ini bertentangan dengan apa yang Director FBI James Comey katakan di awal tahun ini. Ketika itu, dia menyebutkan bahwa masalah FBI dengan Apple hanya menyangkut sebuah iPhone.

FBI menolak berkomentar mengenai hal ini.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time