HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Visa Kerja Bagi Gamer Profesional Diterbitkan Pemerintah Jepang

1

HARIANACEH.co.id – Pemerintah Jepang tampaknya semakin serius untuk mendukung ekosistem esport di negaranya.

Baru-baru ini, Jepang merilis visa resmi untuk dua orang pemain esport asal Korea Selatan, yaitu Ki Hon Han dan Sang Ho Yun, untuk bisa menjadi pemain utama di tim Detonation Gaming yang bermarkas di perfektur Chiba. Visa khusus kedua gamer tersebut merupakan visa kerja kelas 3 untuk bidang hiburan yang resmi diterbitkan oleh departemen hukum Jepang.

Menurut Rocketnews24, federasi esport Jepang mengatakan momen tersebut sebagai momen bersejarah. Pasalnya ini merupakan kali pertamanya visa diterbitkan untuk gamer profesional yang sekaligus menandakan bahwa status esport di Jepang saat ini sejajar dengan cabang olahraga lainnya.

Ki Hon Han dan Sang Ho Yun
Ki Hon Han dan Sang Ho Yun. (Rocketnews24)

Jepang memang bisa dikatakan tertinggal soal perkembangan esport dibandingkan dengan negara lain seperti Amerika Serikat dan Korea Selatan. Masuknya pemain luar ke ekosistem Jepang diharapkan dapat mendongkrak tingkat kompetensi dan kompetisi para pemain esport di negara tersebut.

Jepang juga merupakan salah satu negara yang sulit mengeluarkan visa untuk bekerja. Hingga saat ini, pekerjaan yang paling mudah mendapatkan visa kerja di Jepang adalah instruktur bahasa, disusul dengan pekerja profesional di bidang keuangan, serta pekerja di bidang teknik.

loading...