HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Ini Alasan Sutradara Lirik Para Komika di Film Get Up Stand Up

3

HARIANACEH.co.id – Bagi penyuka film lokal, tentu tidak asing lagi dengan kemunculan beberapa komika di layar lebar.

Peran mereka beragam. Bahkan, tak sekadar berakting di depan layar, banyak yang berperan di balik layar sebagai penulis naskah maupun sutradara.

Fenomena pelawak masuk layar lebar memang bukan hal baru, tetapi invasi para komika menjadi bintang film seolah jadi ‘tren wajib’ film komedi masa kini.

Apa yang membuat mereka begitu spesial?

“Perbedaannya, mereka (para komika) punya banyak ilmu. Salah satunya, penulisan naskah. Mereka juga punya sense of comedy, akting. Mereka juga dibekali (dalam ajang kompetisi komedi tunggal). Mereka siap sebetulnya di luar sana (dunia hiburan),” kata Indro Warkop, saat ditemui di Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (4/4/2016).

Menurut Indro, kehadiran para komika dalam industri film memberi warna baru perkembangan film komedi. Toh, kualitas akting mereka dapat dipertanggungjawabkan.

“Kayak Babe Cabita. Dia main di lain film juga. Main di filmnya Garin Nugroho. Itu artinya, aktingnya dilirik. Mereka sudah jadi orang-orang yang siap untuk berenang di lautan sana. Saya bangga banget. Seperti yang selalu saya bilang kita selalu belajar,” jelas Indro.

Kepercayaan Indro terhadap kualitas komedian muda berlanjut pada film yang akan diproduksinya, Warkop Reborn.

Dalam film yang mengangkat kembali “petualangan” Dono Kasino Indro versi masa kini itu, Indro menggandeng beberapa komika untuk mengembangkan naskah cerita dengan bumbu komedi yang relevan.

Selain kualitas personal, tidak bisa dipungkiri bahwa para komika yang didominasi generasi muda cenderung peka terhadap teknologi.

Mereka mampu membangun kedekatan dengan penggemar via media sosial. Hal ini menjadi langkah strategis untuk promosi film dan menangkap potret nyata kehidupan masyarakat ke dalam film.

Dari data yang ada, film komedi yang dibesut para komika memang sukses secara komersial. Salah satunya yang fenomenal ialah seri Comic 8. Film itu menembus angka satu juta penonton.

Pun, film debut Ernest Prakasa sebagai sutradara berjudul Ngenest, berhasil menggapai pencapaian setengah juta penonton.

loading...