HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Diduga Ada Kegiatan Mencurigakan di Kompleks Nuklir Korut

1

HARIANACEH.co.id – Sebuah citra satelit baru menunjukkan aktivitas mencurigakan terjadi di kompleks nuklir Korea Utara (Korut). Belum diketahui apa aktivitas tersebut.

Analisa dari foto yang didapatkan tersebut memperlihatkan gambar cerobong asap dari pembangkit listrik tenaga uap yang digunakan untuk memanaskan laboratorium radiokimia. Uap tampak terlihat dari cerobong di kompleks Yongbyon.

Fasilitas ini digunakan untuk memproses plutonium dari reaktor berkekuatan 5 megawatt di Yongbyon. Plutonium itu nantinya akan ditambahkan ke dalam materi fisi yang bisa dijadikan senjata.

“Tidak diketahui apakah aktifnya cerobong itu berarti memproses ulang plutonium sudah berlangsung atau masih belum jelas,” ujar seorang pengamat US-Korea Institute dari Johns Hopkins University, seperti dikutip AFP, Selasa (5/6/2016).

Namun mereka mengakui adanya pernyataan terbaru dari Direktur Intelijen Nasional AS James Clapper yang menyebutkan bahwa Korut bisa saja mengekstraksi plutonium yang bisa digunakan sebagai senjata.

loading...