HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Dokumen Skandal Keuangan Tokoh Dunia Terungkap di Panama Papers

2

HARIANACEH.co.id – Sedikitnya 11 juta dokumen rahasia berisi aktivitas keuangan sejumlah tokoh dunia telah bocor ke publik.

Berukuran sekitar 2,6 terabyte, dokumen bernama Panama Papers ini berasal dari sebuah perusahaan kecil bernama Mossack Fonseca yang bermarkas di Panama. Panama Papers berhasil didapatkan seorang sumber anonim dari surat kabar Sueddeutsche Zeitung asal Jerman, yang kemudian dibagikan ke seluruh dunia oleh International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) pada 3 April 2016.

Panama Papers meliputi aktivitas keuangan sejak 40 tahun ke belakang, termasuk yang dilakukan 72 mantan atau kepala negara yang masih aktif hingga saat ini.

Seperti dilansir shortlist.com, Senin (4/4/2016), sebagian besar data dalam Panama Papers menyebutkan secara detail bagaimana tokoh dunia membuat rekening di luar negeri atau mendirikan perusahaan bayangan untuk menimbun kekayaan, mencuci uang atau menghindari pajak.

Berikut nama sebagian tokoh dunia yang muncul dalam Panama Papers:

Vladimir Putin

Vladimir Putin
Vladimir Putin. (AFP)

Meski Presiden Rusia tidak disebutkan secara langsung, aksi pencucian uang hingga miliaran dolar oleh sebuah bank di Negeri Beruang Merah yang muncul di Panama Papers melibatkan beberapa orang dekat Putin.

Perdana Menteri Islandia Sigmundur David Gunnlaugsson

Sigmundur David Gunnlaugsson
Sigmundur David Gunnlaugsson. (AFP)

Dokumen Panama Papers menunjukkan bahwa Gunnlaugsoon menyembunyikan jutaan dolar dalam bentuk investasi di balik perusahaan nonaktif (shell company) di luar negeri.

Presiden Argentina Mauricio Macri

Mauricio Macri
Mauricio Macri. (AFP)

Macri tidak dapat menunjukkan koneksinya terhadap sebuah perusahaan perdagangan di luar negeri yang dikaitkan dengan sejumlah uang dalam rekening offshore saat dirinya masih menjadi Wali Kota Buenos Aires. Dia juga gagal menunjukkan dari mana sumber uang yang ada di rekening luar negerinya itu.

Ian Cameron, ayah dari Perdana Menteri Inggris David Cameron

Ian Cameron
Ian Cameron. (Shortlist)

Berperan penting dalam formasi perusahaan Blairmore Holdings Inc. di Panama pada 1982, media Business Insider menyebut dana di perusahaan itu “tidak dapat dikenakan pajak” dan keuntungannya juga “tidak akan terkena pajak.”

Lionel Messi

Lionel Messi
Lionel Messi. (AFP)

Bintang sepakbola asal Barcelona Lionel Messi disebutkan dalam Panama Papers terkait dengan perusahaan nonaktif Mega Star Enterprises, yang sebelumnya tidak diketahui otoritas Spanyol yang memeriksa skandal pajak sang bintang.

FIFA

Logo FIFA
Logo FIFA

Badan sepakbola dunia FIFA dapat kembali terpuruk dalam krisis setelah Panama Papers menunjukkan kaitan luas antara pengacara Juan Pedro Damiani, anggota komite etik FIFA, dengan Eugenio Figueredo, mantan wakil presiden yang terjerat kasus korupsi. Hubungan profesional keduanya dapat merusak validitas komite etik FIFA.

loading...