HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Fleksibel dan Optimal di Visual, Game ‘Hitman’ Namanya

12

HARIANACEH.co.id – Square Enix kembali meluncurkan seri terbaru dari franchise game pembunuh bayaran modern, Hitman. Jika melihat nama yang digunakan, pihak publisher tampaknya ingin memberikan sesuatu yang segar, terutama sejak mereka mengakuisisi sang kreator, IO Interactive.

Pada seri terbaru ini, pihak developer memberikan beragam sentuhan terbaru, tanpa menghilangkan ciri khas dari Hitman. Apa saja sentuhan baru ini?

Hitman pada seri terbaru di tahun 2016 ini mengusung konsep penjualan yang berbeda. Ketimbang merilisnya secara penuh, Square Enix lebih memilih untuk menghadirkannya secara berseri. Konsep pemasaran ini sebenarnya bisa mengundang pernyataan untuk game dengan kategori AAA. Sekadar informasi tambahan, gaya pemasaran game berseri pendek diterapkan pada karya besutan TellTale Games. Kelebihan teknik penjualan ini adalah, setiap seri yang dirilis dipatok dengan harga yang murah.

 

hitman_1Kembali ke Hitman, gaya permainan tidak mempunyai perbedaan dengan seri sebelumnya. Menjadi seorang Agen 47 berarti memiliki tugas sebagai pembunuh bayaran. Berhubung dirilis per episode, pemain hanya berhadapan dengan tutorial dan misi pertama. Saya paham bahwa memisahkan chapter berdasarkan perilisan secara episode akan membuat jam bermain lebih singkat. Pada episode pertama ini, bisa saya menyelesaikannya dalam waktu 4 jam saja.

Terlepas dari jam bermain yang sangat pendek, saya melihat satu kelebihan yang sangat menarik, yaitu fleksibilitas pemain dalam melumpuhkan target. Dalam satu misi Anda bisa melakukan beragam cara untuk mencapai target, atau dengan kata lain tidak harus masuk lewat pintu depan. Anda bisa memanfaatkan objek di sekitar untuk menarik perhatian atau mengubah pola pergerakan target dengan “merusak” suasana lingkungan.

 

hitman_2Contoh mudahnya, target yang biasa ditemani pengawal, akan meninggalkan pengawal itu dengan mengajaknya minum melalui penyamaran yang sudah siap terlebih dahulu. Ya, menyamar menjadi karakter lain memang masih menjadi salah satu senjata unggulan Agen 47 dalam melakukan infiltrasi. Selain itu, celah untuk melumpuhkan target juga bisa saja berubah di tengah permainan.

Fleksibilitas dalam Hitman akan terukur dalam achievement yang bisa dibuka pemain. Dengan kata lain, jika pemain berhasil melumpuhkan target dengan cara yang dianjurkan, ia akan mendapatkan poin yang membuatnya naik level, sekaligus membuka item tertentu.

Hitman kali ini mengajak pemainnya untuk mengulang satu misi lebih dari dua kali. Alasannya mudah, yaitu tidak semua achievement diselesaikan dalam sekali main.

 

hitman_3Merilisnya per episode bisa membuat gamer tidak sabar untuk menunggu episode berikutnya. Pihak developer pun menyediakan fitur mission editor untuk menjawab hal ini. Sesuai namanya, pemain dapat menciptakan dan modifikasi misi yang sudah tersedia, mulai dari mengganti atau menambah target, sampai mengubah perilaku AI yang ada. Konten modifikasi ini bisa dibagikan dengan pemain lain. Tidak sampai di situ, pihak pengembang juga akan menyajikan beragam konten tambahan selain misi khusus untuk Agen 47.

Setelah gameplay, saatnya kita membicarakan kualtias grafis. Memainkan Hitman di kartu grafis Radeon akan membuka opsi pengaturan grafis ke tingkat paling tinggi. Saat dicoba menggunakan kombinasi ASUS STRIX Radeon R9 390X dan prosesor AMD A10-7850K, game ini berjalan dengan lancar di resolusi 1080p. Kami mencatat bahwa rata-rata framerategame ini mencapai angka maksimal 62fps dan minimal di 28fps.

Kali ini kami juga menggunakan driver Crimson versi terbaru dengan dukungan game Hitman. Sayangnya, kami masih mengujinya di Windows 8.1. Secara teori, game ini akan lebih optimal di Windows 10 karena telah dioptimalisasi untuk penggunaan di DirectX 12.

Kesimpulan

Hitman versi terbaru di 2016 ini tetap menghadirkan semua karakteristik yang sudah mendarah daging. Fleksibilitas dan optimalisasi visual yang tepat adalah dua kelebihan yang saya sukai. Satu-satunya kendala adalah perilisannya per episode, yang bagi saya cuma memiliki tujuan meningkatkan pendapatan semata. Harga yang dipatok memang terlihat murah, terkesan murah.

Kita akan tahu nanti, apakah pada akhirnya harga game ini lebih mahal dibanding game lain yang dirilis dengan harga yang bisa mencapai Rp600 ribu.

  • Platform: PC, Xbox One, PlayStation 4
  • Developer: IO Interactive
  • Publisher: Square Enix
  • Tanggal Rilis: 11 Maret 2016
  • Jenis: Action-Stealth
  • Situs Resmi: https://hitman.com/en-us#
loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time