HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Inilah Analogi Simple Soal Kasus Panama Papers

1

HARIANACEH.co.id – Sebagian orang mungkin bingung mengenai kasus Panama Papers yang menyorot perhatian dunia sejak pertama kali muncul pada 3 April 2016. Panama Papers adalah dokumen berukuran 2,6 terabyte yang memperlihatkan skandal korupsi dan pengemplangan pajak dari sejumlah tokoh dunia.

Dokumen ini berasal dari sebuah perusahaan kecil bernama Mossack Fonseca yang bermarkas di Panama. Panama Papers berhasil didapatkan seorang sumber anonim dari surat kabar Sueddeutsche Zeitung asal Jerman, yang kemudian dibagikan ke seluruh dunia oleh International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ).

Untuk lebih memahami kasus Panama Papers ini, seorang pengguna situs Reddit dengan nama akun DanGliesack membuat analogi sederhana dalam bentuk cerita bergambar ala komik anak-anak.

DanGliesack menggunakan analogi celengan untuk menjelaskan secara sederhana apa sebenarnya kasus Panama Papers ini. Berikut analogi tersebut, seperti dikutip dari vox.com, Senin (4/4/2016):

Anda menabung di celengan yang ada di lemari kamar Anda.

panama kartun a

Ibu Anda terus memeriksa uang yang ada di celengan Anda.

panama kartun b

Anda tidak suka dengan perilaku ibu.

Anda membeli sebuah celengan baru, dan membawanya ke rumah seorang teman bernama Johnny.

panama kartun c

Ibu Johnny sibuk. Dia tidak akan sempat memeriksa celengan Anda. Jadi, Anda dapat dengan tenang menyimpan uang tanpa diperiksa.

panama kartun d

Anak-anak tetangga berpikir tindakan Anda adalah sebuah ide brilian.

panama kartun e

Mereka pun datang membawa celengan masing-masing ke rumah Johnny.

panama kartun f

Suatu hari, ibu Johnny terkejut mengetahui ada banyak celengan di rumahnya.

panama kartun h

 

Dia marah dan menelepon semua orangtua dari anak-anak yang menyimpan celengan.

panama kartun i

 

Ditemukannya celengan dan kemarahan ibu Johnny merupakan analogi dari kemunculan kasus Panama Papers. Ada sejumlah anak yang menyimpan uangnya di “luar rumah” mereka.

panama kartun l

Namun tidak semua anak yang menyimpan uangnya itu adalah orang jahat. Sebagai contoh, mungkin ada anak yang menyimpan uangnya di luar rumah karena mereka menginginkan privasi.

panama kartun j

Tapi ada juga anak, sebut saja namanya Michael, yang mencuri uang dari dompet ibunya dan menyembunyikannya dalam celengan di rumah Johnny. Ada juga Jacob yang mencuri uang makan siang anak lain dan menyembunyikannya di rumah Johnny karena tidak ingin ketahuan ibunya.

Meski ada yang baik dan jahat, tapi semua anak yang menyimpan uangnya di rumah Johnny tetap dalam masalah, karena memiliki celengan rahasia adalah sesuatu yang dilarang.

panama kartun k(1)

Saat ini, jurnalis di berbagai negara sedang mendalami Panama Papers, untuk lebih memahami apa yang sebenarnya terjadi di “rumah Johnny,” apakah itu aktivitas legal, pantas atau melanggar hukum.

loading...