HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kasus Pertama Virus Zika Dikonfirmasi Pemerintah Vietnam

9

HARIANACEH.co.id – Dua wanita Vietnam dinyatakan positif terjangkit virus Zika, lapor Kementerian Kesehatan pada Selasa (5/4/2016). Ini merupakan kasus pertama virus Zika yang terkonfirmasi di Vietnam.

Media lokal Vietnam VnExpress mengatakan satu dari dua wanita yang terjangkit Zika sedang hamil.

Seorang wanita berusia 64 tahun dari Nha Trang menjadi kasus pertama Zika yang terkonfirmasi di Vietnam, setelah dirinya sempat masuk rumah sakit atas keluhan demam, sakit kepala dan ruam di bagian kaki.

“Dia dinyatakan positif terjangkit Zika pada 31 Maret di Pasteur Institute Nha Trang, dan hasilnya telah dikonfirmasi melalui uji coba laboratorium,” ucap pernyataan Kemenkes Vietnam, seperti dilansir AFP.

Kasus kedua Zika yang terkonfirmasi adalah wanita 33 tahun yang tinggal di Ho Chi Minh. “Dia mengalami beberapa gejala seperti ruam, pembengkakan di area mata dan rasa lelah berlebih,” lapor Kemenkes Vietnam.

Belum diketahui apakah kedua wanita yang terjangkit Zika itu pernah bepergian ke luar negeri baru-baru ini.

Vietnam telah meningkatkan level waspadanya terhadap Zika setelah seorang turis asal Australia dinyatakan positif terkena virus usai meninggalkan negara Asia Tenggara itu pada 6 Maret.

Zika ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti, yang juga menyebarkan penyakit demam berdarah. Zika pertama kali ditemukan di Uganda pada 1947.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat