HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kurang Minum Dapat Berdampak Bahaya Berikut Ini

4

HARIANACEH.co.id – Air menempati 70 persen ruang dalam tubuh manusia. Bisa dibayangkan, jika seseorang kekurangan asupan air di tubuhnya.

Berikut ini, masalah kesehatan yang bisa di alami ketika Anda kurang asupan air.

1. Kekurangan energi

Air membantu otak seseorang agar tetap fokus. Kurang asupan air dalam tubuh menyebabkan dehidrasi ringan hingga berat. Pada dehidrasi ringan, efek yang ditimbulkan adalah lesu dan tidak bersemangat. Pada tingkat yang lebih berat, seseorang bisa kehilangan kesadaran.

2. Sakit kepala

Kurang asupan air sama saja menghalangi jalannya oksigen menuju otak. Hal ini menyebabkan sakit kepala.

3. Detak jantung tidak normal

Pernahkah merasa gemetar saat asupan air yang Anda konsumsi berkurang? Pastikan minum air dalam jumlah yang cukup setiap harinya.

4. Imunitas melemah

Jumlah air juga menentukan kualitas imun tubuh seseorang. Ketika kekebalan tubuh melemah, maka tubuh akan sulit menerima nutrisi dari makanan.

5. Fungsi ginjal melemah

Kurang asupan air memberatkan kinerja ginjal. Sebab, darah akan mengental sehingga tugas ginjal semakin berat. Jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, ginjal akan mengalami kerusakan.

6. Kehilangan massa otot

Air membantu memangkas lemak yang ada di jaringan otot. Kurang konsumsi air memicu timbunan lemak semakin banyak. Jika berlangsung cukup lama, timbunan lemak ini akan menghilangkan massa otot di tubuh Anda.

7. Kematian mendadak

Pada kasus tertentu, kurang asupan air menyebabkan kegagalan organ yang memicu kematian mendadak.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat