HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Lakukan Penembakan Brutal, 47 Polisi India Divonis Penjara Seumur Hidup

10

HARIANACEH.co.id – Pengadilan di India memvonis penjara seumur hidup kepada 47 polisi atas pembunuhan anggota kelompok peziarah Sikh pada 1991. Aparat mengklaim orang-orang yang mereka bunuh adalah militan.

Sejumlah prajurit berusaha mendapat promosi jabatan dengan memburu militan Sikh yang merajalela di Uttar Pradesh di tahun 1991. Ketika itu, mereka menghentikan sebuah bus berisi peziarah, dan menggiring para korbannya ke area hutan untuk kemudian dieksekusi.

“Setelah diamati, pengadilan menemukan beberapa bukti yang dapat berujung pada hukuman penjara seumur hidup,” kata jaksa SC Jaiswal kepada AFP, Senin (4/4/2016).

“Kejahatan dengan skala sebesar itu tidak mungkin terjadi tanpa diketahui para petingginya, dan mereka juga harus dihukum,” sambung dia.

Biro Investigasi Pusat India (CBI) menyebutkan bahwa 47 polisi itu terbukti bersalah atas “pertemuan palsu” dengan kelompok peziarah.

Istilah itu biasa dipakai di India di mana polisi atau tentara mengeksekusi korbannya yang tak bersenjata. Setelah mengeksekusi, polisi dan tentara itu akan mengklaim bahwa mereka hanya membela diri.

Mahkamah Agung India meminta CBI untuk menginvestigasi kasus tersebut. CBI pada 1995 kemudian menjerat 57 polisi yang terlibat, namun 10 dari mereka meninggal dunia di tengah proses hukum yang berjalan relatif lamban selama bertahun-tahun.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat