HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Nama Sandiaga Uno Terselip di Panama Papers, Ini Klarifikasinya

19

HARIANACEH.co.id – Dokumen Panama Papers mencatat ada ribuan pengusaha dan perusahaan yang pernah bekerja sama dengan Mossack Fonseca. Dari daftar itu, terselip nama Sandiaga Uno, pengusaha Indonesia yang kini terjun ke politik.

Mossack Fonseca sebuah firma hukum kecil. Meski demikian, Mossack sangat berpengaruh di Panama. Nama-nama yang disebut dalam dokumen Panama Papers disebut pernah bekerja sama dengan Mossack mendirikan perusahaan bayangan atau offshore corporation.

Sandi tidak mengiyakan atau membantah kaitan namanya dengan Mossack. Hanya ia mengatakan, dalam proses investasi dan penciptaan lapangan kerja sangat lazim menggunakan jasa penyedia offshore corporation.

“Tentunya semua dalam koridor hukum. Insya Allah ke depan, Indonesia tetap bisa menarik investasi agar bisa membuka lapangan kerja di tengah situasi ekonomi yang semakin penuh tantangan,” kata Sandi, Selasa (5/4/2016).

Sandi sempat memimpin 18 perusahaan. Namun, dalam wawancaranya, beberapa waktu lalu, ia mengaku sudah melepas semua jabatan di perusahaan pada 2015 lantaran ingin fokus di politik.

Menyisir situs offshoreleaks.icij.org, terungkap ada 2.961 orang yang menjadi klien dari firma hukum Mossack Fonseca. Firma ini menjadi fokus permasalahan, ketika dokumen rahasia mereka diretas.

Dokumen yang bocor itu mencapai lebih dari 11,5 juta dan menyertakan 215 ribu nama perusahaan dan 14.153 klien dari firma hukum yang beroperasi di Panama itu.

Beberapa klien Indonesia yang terungkap melalui http://offshoreleaks.icij.org, berdasarkan daftar Officer & Master Clients, menyebutkan sejumlah nama pengusaha dan perusahaan Indonesia.

Sementara dari daftar Offshore Entities yang terkait dengan Indonesia, terungkap 43 nama yang memiliki hubungan dengan Mossack Fonseca. Adapun Listed Adrresses yang diungkap dari Indonesia mencapai 2.400 alamat dari perusahaan  yang berada dari Jakarta hingga Bandung, Surabaya dan beberapa wilayah lainnya.

Panama Papers berhasil didapatkan seorang sumber anonim dari surat kabar Sueddeutsche Zeitung asal Jerman. Lalu, dibagikan ke seluruh dunia oleh International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) pada 3 April.

Panama Papers meliputi aktivitas keuangan sejak 40 tahun ke belakang, termasuk yang dilakukan 72 mantan atau kepala negara yang masih aktif hingga saat ini.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat