HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Nilai Tukar Rupiah Pagi Ini Diprediksi Bakal Tertekan

2

HARIANACEH.co.id – Pergerakan nilai tukar rupiah pada hari ini berpotensi melemah. Gerak mata uang Garuda ini salah satunya tertekan oleh harga minyak yang ambruk.

“Rupiah berpeluang sedikit tertekan hari ini meilhat harga minyak yang kembali turun hampir tiga persen semalam,” ujar Analis Samuel Sekuritas, Rangga Cipta, dalam hasil risetnya, di Jakarta, Selasa (5/4/2016).

Selain itu, lanjut Rangga, hari ini juga akan ditunggu data consumer confidence index yang diperkirakan membaik. Menurut dia, fokus investor juga mengarah pada cadangan devisa yang dirilis Kamis.

Dia membeberkan, gerak rupiah yang sempat melemah semenjak pembukaan Senin pagi akhirnya ditutup melemah tipis. Walaupun sentimen pelemahan dolar index masih menopang rupiah, semakin anjloknya harga minyak mulai memberikan tekanan pelemahan.

“Beberapa kurs di Asia terlihat juga melemah terhadap dolar,” jelasnya.

Dia menambahkan, dolar index melanjutkan sentimen pelemahannya seiring dengan belum terlihatnya data ekonomi AS yang diumumkan membaik. Sementara di sisi lain, harga minyak terus melanjutkan pelemahannya dengan meredupnya harapan pemangkasan produksi oleh negara-negara OPEC.

“Hal itu cukup memberikan tekanan terhadap kurs negara berkembang walaupun dolar index masih lemah,” pungkasnya.

loading...