HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Penggelapan Pajak, Tudingan Panama Papers Dibantah Keluarga Messi

1

HARIANACEH.co.id – Nama megabintang Barcelona, Lionel Messi ikut terseret dalam dokumen “Panama Papers” yang berisikan skandal terkait aktivitas keuangan sejumlah tokoh dunia.

Nama Messi termasuk dalam 72 nama tokoh dunia, termasuk Presiden Rusia, Vladimir Putin yang disebut dalam dokumen rahasia bernama “Panama Papers” baru-baru ini. Mereka dituding telah melakukan tindak kriminal berupa penggelapan pajak atau pencucian uang.

Dalam 11,5 juta dokumen Panama Papers yang bocor ke publik, Messi dan ayahnya Jorge disebut sebagai pemilik perusahaan Panama yang sebelumnya belum pernah dibahas dalam penyelidikan Spanyol dalam urusan pajak mereka. Mereka dituding sengaja melakukan itu demi menghindari pajak.

“Keluarga Messi ingin menjelaskan bahwa Lionel Messi tidak terlibat dengan satu pun kasus yang dituduhkan kepadanya. Tudingan soal penggelapan pajak, termasuk pencucian uang adalah palsu dan sangat menghina,” demikian pernyataan pihak keluarga Messi.

“Perusahaan Panama yang dikaitkan dengannya adalah perusahaan yang tidak aktif, yang tidak lagi memiliki pemasukan atau memiliki rekening yang masih aktif,” tegas keluarga Messi.

Tudingan penggelapan pajak memang bukan hal baru buat Messi. Sebelumnya, Messi dan sang ayah juga sempat dituding berusaha menghindari pajak sebesar 4,16 juta Euro (Rp62 miliar) terkait hak citra pada 2007 hingga 2009. Modus yang mereka lakukan adalah dengan menyerahkan hak citra pemain kepada sebuah perusahaan demi menghindari penyelidikan kantor pajak Spanyol.

Sidang terkait kasus ini rencananya akan digelar 31 Mei di sebuah pengadilan di Barcelona. Sidang ini diprediksi akan terus berjalan hingga 3 Juni 2016.

loading...