HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Penyelidikan Kriminal "Panama Papers" Diluncurkan Pemerintah Panama

1

HARIANACEH.co.id – Kantor Jaksa Penuntut Umum di Panama akan melakukan penyelidikan kriminal terkait kebocoran dokumen itu.

“Fakta yang digambarkan oleh media nasional dan internasional lewat istilah ‘Panama Papers’ akan menjadi perhatian penyelidikan kriminal,” ujar pihak Kejaksaan Panama, seperti dikutip AFP, Selasa (5/4/2016).

“Penyelidikan akan menentukan apa bentuk kejahatan yang sudah terjadi dan siapa pelakunya. Selain itu, penyelidikan juga akan menentukan kerusakan keuangan yang diakibatkan,” lanjut pernyataan itu.

Sementara firma hukum,-Mossack Fonseca yang dianggap sebagai pihak yang terlibat membocorkan dokumen ini,- menyebutkan bahwa sekitar 11,5 juta dokumen keluar dari server mereka. Menurut pihak Mossack Fonseca, ini adalah ulah peretasan terbatas yang diyakini dilakukan pihak luar.

Salah satu pendiri firma hukum itu, Ramon Fonseca menyebutkan bocornya dokumen itu merupakan bentuk serangan terhadap Panama. Selama ini Panama dianggap terlalu tergantung terhadap sektor layanan keuangan.

Presiden Panama Juan Carlos Varela mengatakan, pihaknya siap untuk bekerja sama dengan pemerintah mana pun dan bentuk penyelidikan apapun untuk menguak skandal ini. Tetapi Varela bersumpah untuk membela citra negaranya.

Selama ini, Panama dikenal sebagai negara penghubung pencucian uang. Panama juga dikenal kerap menyembunyikan aset pihak negara lain untuk menghindari pajak.

loading...