HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Rusia Klaim Bisa Kirim Roket ke Mars Hanya 1,5 Bulan Ketimbang NASA

8

HARIANACEH.co.id – Perjalanan dari Bumi ke Mars memang membutuhkan waktu yang sangat lama, yaitu hingga 1,5 tahun. Itulah mengapa hingga saat ini perjalanan manusia dari Bumi ke Mars masih sulit dilakukan.

Pertanyaannya, mengapa kita tidak memangkas waktu perjalanan tersebut? Itulah yang ingin dilakukan oleh Rusia. Menurut The Motley Fool, baru-baru ini badan atom Rusia, yaitu Rosatom, mengungkapkan bahwa mereka menemukan cara agar perjalanan ke Mars bisa dilakukan hanya dalam 1,5 bulan saja.

Menurut Head of Russian State Atomic Energy Corporation Rosatom, Sergey Kirienko, waktu perjalanan dari Bumi ke Mars bisa dipotong hingga 92 persen jika menggunakan roket khusus bertenaga nuklir. Kelebihan lain dari pesawat antariksa bertenaga nuklir adalah ia dapat melakukan manuver tajam secara mendadak, bahkan bisa memutar balik ke Bumi jika ada masalah di tengah perjalanan.

vasimr_large

Rusia sendiri memiliki pengalaman yang cukup panjang dengan tenaga nuklir dan luar angkasa. Selain itu, Rusia juga dilaporkan telah berhasil meluncurkan setidaknya 32 satelit bertenaga nuklir pada periode tahun 1970 hingga 1988.

Proyek besar Rosatom yang tengah berjalan kali ini diperkirakan akan selesai pada tahun 2025 dan akan menelan biaya riset hingga USD274 juta.

Ini adalah pukulan telak bagi NASA. Jika Rusia berhasil menciptakan metode perjalanan lebih cepat dari Bumi ke Mars, maka mereka akan memonopoli perjalanan luar angkasa lebih jauh. Saat ini, Rusia juga telah memonopoli sistem perjalanan astronot dari Bumi ke stasiun luar angkasa internasional (ISS) melalui modul Soyuz.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time