HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Rusia: Target Utama Panama Papers Adalah Vladimir Putin

5

HARIANACEH.co.id – Bocoran dokumen ‘Panama Papers’ dinilai mengincar Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai target utama. Ini terkait adanya rekan dari Putin yang dicurigai terlibat praktik pencucian uang.

Dokumen yang bocor itu mencapai lebih dari 11,5 juta dan menyertakan 215 ribu nama perusahaan dan 14.153 klien dari firma hukum Mossack Fonseca. Sebagian besar data dalam Panama Papers menyebutkan secara detail bagaimana tokoh dunia membuat rekening di luar negeri atau mendirikan perusahaan bayangan untuk menimbun kekayaan, mencuci uang atau menghindari pajak.

Nama Putin mencuat ketika salah satu orang dekatnya, Sergei Roldugin terlibat dalam skema pencucian uang. Roldugin diketahui mencuci dana hingga mencapai USD2 miliar.

“Jelas sekali target utama dari serangan ini adalah presiden kami,” ujar Juru Bicara Istana Kremlin Dmitry Peskov, seperti dikutip BBC, Selasa (5/4/2016).

“Fobia terhadap Putin yang merebak di dunia sudah mencapai titik di mana ada larangan untuk mengatakan sesuatu hal yang baik mengenai Rusia. Bahkan dunia pun tidak diperbolehkan pencapaian dari Rusia,” tegasnya.

“Tetapi bagi mereka suatu keharusan untuk berbicara buruk, di saat tidak ada satu hal pun yang harus diungkapkan. Ini menjadi bukti bagi kami,” imbuh Peskov.

Peskov menambahkan bahwa media internasional salah telah fokus kepada Putin, bukannya kepada politikus dunia lain. Padahal, Putin sama sekali terindikasi melakukan tindakan salah.

Selain itu Peskov juga menyebut International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) yang memegang peranan penting dalam publikasi ini. Menurut Peskov ICIJ memiliki hubungan dengan Pemerintah Amerika Serikat (AS).

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time