HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Virus Zika Positif Terjangkit Pada Dua Warga Vietnam

8

HARIANACEH.co.id – Virus Zika mulai menyebar ke wilayah Asia Tenggara. Vietnam menjadi negara pertama yang mengumumkan, dua warganya terjangkit virus ini.

Sebagaimana dikutip Daily Mail, Selasa (5/4/2016), Menteri Kesehatan Vietnam telah mengonfirmasi kebenaran kabar tersebut. Korban yang terjangkit semuanya perempuan, yang mana salah satunya sedang hamil.

Salah satunya, warga berusia 64 tahun bernama Nha Trang. Dia yang pertama dinyatakan positif Zika.

Hingga saat ini, belum diketahui apakah kedua perempuan tersebut pernah melakukan perjalanan ke luar negeri atau negara yang masuk dalam daftar wilayah penyebaran virus zika.

Nha Trang dinyatakan positif terjangkit virus zika pada 31 Maret lalu. Awalnya, dia mengeluhkan demam, sakit kepala, dan ruam pada kaki. Semua keluhannya merupakan gejala umum yang mirip dengan deman berdarah.

Sementara, pasien kedua adalah seorang perempuan berusia 33 tahun. Perempuan yang sedang hamil ini tinggal di sentra bisnis di Ho Chi Minh City, Vietnam Selatan.

“Dia mengalami gejala termasuk ruam, peradangan selaput mata, dan kelelahan,” terang Kementerian Kesehatan Vietnam.

VnExpress, media massa pemerintah Vietnam, mengatakan, Kementerian Vietnam telah melakukan pengujian di 32 provinsi. Pemerintah mengkonfirmasi bahwa kedua penderita kini berada dalam kondisi stabil. Sejauh ini, virus tidak menyebar pada kerabat atau keluarga korban.

Seperti diketahui, virus Zika yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti telah menginfeksi ribuan orang di Amerika Latin dan Karibia. Virus ini merupakan flavivirus, bagian dari keluarga yang sama seperti sakit kuning, virus West Nile, chikungunya, dan demam berdarah.

Bedanya, hingga saat ini belum ada vaksin untuk mencegah dan obat untuk mengobati penderita yang terkena virus baru ini.

Virus Zika menyita perhatian dunia karena dapat menyebabkan  microcephaly, yaitu gangguan neurologis yang mengakibatkan bayi terlahir dengan kepala abnormal berukuran lebih kecil. Kondisi ini berpotensi menyebabkan kematian, meski jarang terjadi.

Di Brasil, tercatat 4 ribu kasus bayi terlahir dalam keadaan microcephaly karena sang ibu terjangkit virus Zika. Bahkan pada 2014, terdapat 46 dari 146 kasus ibu hamil yang terjangkit virus Zika berujung pada kematian.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat