HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Berjasa dalam Perang Afghanistan, Anjing Ini Dapat Medali

5

HARIANACEH.co.id – Seekor anjing pemberani baru saja mendapatkan Medali Dickin, sebuah penghargaan khusus untuk hewan yang berkontribusi dalam kegiatan militer.

Lucca, anjing jenis German Shepherd berusia 12 tahun, mengabdi bersama pasukan Amerika Serikat (AS) selama enam tahun sebagai pelacak amunisi dan bahan peledak.

Anjing ini kehilangan kaki kirinya saat sedang melacak sebuah ranjau darat di Afghanistan beberapa tahun lalu. Lucca adalah anjing ke-67 yang mendapatkan Medali Dickin, yang diusulkan organisasi penyayang hewan PDSA pada 1943.

Tidak pernah ada korban manusia selama Lucca berpatroli. Namun pada 2012, setelah kehilangan kaki dan mengalami luka bakar di dada dari bom seberat 14 kilogram, Lucca pensiun.

Pemilik Lucca, Sersan Chris Willingham, bertolak ke London, Inggris, untuk menerima medali. “Lucca sangat pintar, setia dan mengagumkan sebagai anjing pelacak,” kata Willingham, seperti dikutip Metro.co.uk, Selasa (5/4/2016).

“Karena jasa dia saya bisa pulang ke keluarga. Saya bersyukur dapat bekerja bersamanya. Hari ini, saya melakukan yang terbaik untuk merawatnya di masa pensiun,” sambung dia.

Sersan Willingham dan Lucca
Sersan Willingham dan Lucca. (PA)

Willingham dan Lucca bertugas bersama dalam dua tur di Irak. Mereka melakukan banyak misi, sebelum akhirnya dikirim ke Afghanistan pada 2011.

Di Afghanistan, Lucca melakukan 75 misi patroli di Helmand, sebuah provinsi yang wilayahnya banyak dipasangi ranjau darat.

Sejak pertama kali dibuat, Medali Dickin telah diberikan kepada 31 anjing, 32 burung merpati Perang Dunia II, tiga kuda dan satu kucing.

loading...