HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Dipicu Pelemahan Pasar Ekuitas AS, Harga Emas Dunia Naik

4

HARIANACEH.co.id – Emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange berakhir lebih tinggi pada Selasa waktu setempat (Rabu pagi WIB), setelah pasar ekuitas AS menunjukkan pelemahan di tengah data ekonomi AS yang lebih buruk dari perkiraan.

Mengutip Antara, Rabu 6 April, kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Juni naik USD10,3 atau 0,84 persen menjadi menetap di USD1.229,60 per ounce. Sedangkan saham-saham AS dibuka lebih rendah dan diperdagangkan melemah pada sesi pagi Selasa.

Analis mencatat bahwa ketika ekuitas membukukan kerugian maka logam mulia biasanya naik, karena investor mencari tempat yang aman. Sebaliknya ketika ekuitas AS membukukan keuntungan, biasanya logam mulia menurun.

Logam mulia mendapat dukungan lebih lanjut karena laporan yang dirilis oleh Departemen Perdagangan AS menunjukkan defisit perdagangan internasional selama Februari meningkat lebih buruk daripada yang diperkiraan menjadi negatif 47,1 miliar  dolar AS.

Sementara itu, sebuah laporan yang dirilis oleh Departemen Tenaga Kerja AS pada Selasa menunjukkan lowongan pekerjaan jatuh menjadi 5,445 juta, dibandingkan dengan angka revisi 5,604 juta selama Januari.

Namun, meski terjadi pelemahan, para analis mengatakan bahwa tingkat perekrutan pekerja meningkat sebesar 0,2 poin menjadi 3,8 persen, yang mereka katakan adalah tanda penguatan dalam ekonomi karena pekerja yang keluar kerja sebelumnya sekarang mencari pekerjaan dan lebih percaya mereka dapat menemukan pekerjaan.

Perak untuk pengiriman Mei bertambah 17,2 sen atau 1,15 persen menjadi ditutup pada USD15,116 per ounce. Platinum untuk pengiriman Juli naik USD8,1 atau 0,86 persen menjadi ditutup pada USD951,60 per ounce.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat