HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kenaikan Harga Minyak Bisa Menekan Pelemahan Rupiah

5

HARIANACEH.co.id – Pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) akan mereda seiring dengan kenaikan tipis harga minyak mentah dunia.

“Tekanan pelemahan rupiah hari ini bisa berkurang melihat harga minyak yang mulai kembali naik walaupun hanya tipis,” ungkap Analis Samuel Sekuritas, Rangga Cipta, dalam hasil risetnya, di Jakarta, Rabu (6/4/2016).

Dia membeberkan, Consumer Confidence Index turun tipis di Maret 2016 tetapi secara umum pada kuartal I-2016 masih lebih baik dibanding dengan kuartal IV-2015. Sementara dari domestik, fokus akan beralih ke angka cadangan devisa di Kamis yang diperkirakan membaik.

Seperti diketahui, rupiah melanjutkan pelemahannya bersamaan dengan dolar AS yang menguat terhadap mayoritas kurs di Asia hingga Selasa sore dengan harga minyak dan komoditas lainnya menjadi penyebab utama.

Menurut dia, dolar index masih rendah walaupun di perdagangan semalam naik tipis setelah beberapa data ekonomi AS diumumkan membaik. Harga komoditas yang mulai mengembalikan tren turunnya juga berkontribusi dalam menahan sentimen pelemahan dolar.

“Tren dolar index akan kembali dikonfirmasi oleh notulensi FOMC meeting yang datang Kamis dini hari yang jika kembali dovish, pelemahan dollar index dipastikan semakin drastis. Pagi ini ditunggu PMI sektor Jasa Tiongkok yang diperkirakan membaik,” pungkasnya.

loading...