HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kini Seluruh Pesan di WhatsApp Tidak Bisa Disadap

3

HARIANACEH.co.id – Aplikasi messenger WhatsApp baru saja menggulirkan update terbarunya. Update tersebut dikatakan sebagai salah satu update paling penting dalam sejarah WhatsApp, karena dalam update kali ini WhatsApp menerapkan sistem enkripsi endtoend.

Artinya, setiap pesan yang Anda kirimkan dan diterima tidak akan bisa disadap oleh pihak ketiga. Sistem enkripsi juga akan mempengaruhi semua jenis pesan, termasuk teks, video, foto, dan suara.

Menurut Telegraph.co.uk, update enkripsi ini merupakan salah satu bentuk tanggapan dan dukungan WhatsApp terhadap perseteruan antara Apple dan FBI, yang mana Apple menolak untuk membuat kunci enkripsi untuk FBI.

Layaknya perangkat iPhone, WhatsApp kini juga memiliki sistem enkripsi yang dapat mencegah pihak ketiga menyadap percakapan pengguna WhatsApp. Sistem enkripsi ini juga akan menyulitkan WhatsApp untuk menyerahkan rekaman data penggunanya, bahkan kepada pihak yang berwajib. Alasannya, sistem enkripsi endtoend dirancang agar tidak bisa dibobol oleh pembuatnya sekalipun.

Whatsapp_message-large_trans

WhatsApp memang telah cukup lama menggunakan sistem enkripsi pada aplikasi mereka. Namun, hanya sebagian fitur saja yang terenkripsi, seperti teks yang telah dienkripsi sejak tahun 2014.

Belakangan, WhatsApp bekerjasama dengan organisasi non-profit bernama Open Whisper Systems dalam menciptakan sistem enkripsi endtoend untuk semua bentuk komunikasi WhatsApp di semua platform. Sistem tersebut kini telah dapat dinikmati, dan Anda bisa melihat notifikasinya ketika mengirimkan pesan.

loading...