HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Laga Pembuka Copa America Bakal Tidak Ada Lionel Messi

9

HARIANACEH.co.id – Laga pembuka Copa America Centenario yang berlangsung pada musim panas ini terancam tanpa Lionel Messi. Megabintang Barcelona itu harus menjalani sidang kasus penggelapan pajak di Spanyol.

Sidang yang selalu ditunda itu dijadwalkan akan digelar pada 7 Juni 2016. Atau bertepatan dengan laga pembuka antara Argentina menghadapi Cile di Amerika Serikat.

Sidang tersebut merupakan rangkaian puncak dari kasus yang menimpa Messi. Pemain berusia 28 tahun itu diduga melakukan penggelapan pajak bersama sang ayah, Jorge Messi.

Sang ayah juga wajib hadir untuk dijadikan saksi. Bahkan Jorge terancam dibui selama 18 bulan, jika terbukti bersalah karena telah melakukan penggelapan pajak sebesar 4,1 juta euro atau setara Rp65 miliar terkait hak citra yang dilakukannya pada periode 2007 hingga 2009.

Baru-baru ini, Messi juga termasuk dalam 72 nama tokoh dunia dalam dokumen rahasia bernama “Panama Papers”. Ia dituding telah melakukan tindak kriminal berupa penggelapan pajak atau pencucian uang.

Dalam 11,5 juta dokumen Panama Papers yang bocor ke publik, Messi dan ayahnya Jorge disebut sebagai pemilik perusahaan Panama yang belum pernah dibahas dalam penyelidikan Spanyol dalam urusan pajak mereka. Mereka dituding sengaja melakukan itu demi menghindari pajak.

loading...