HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

NVIDIA Akhirnya Resmikan GPU Baru, Tesla P100

20

HARIANACEH.co.id – NVIDIA mengumumkan GPU terbarunya, Tesla P100, di acara GPU Technology Conference (GTC) 2016.

Tesla P100 merupakan GPU berbasis arsitektur terbaru Pascal yang dirancang khusus untuk tingkat pemrosesan yang sangat tinggi, seperti di data center atau superkomputer. NVIDIA mengklaim bahwa ini merupakan GPU hyperscale data center tercanggih yang pernah ada.

Tesla P100 yang memiliki luas permukaan hingga 600 mm persegi ini menggunakan arsitektur 16nm dengan pemrosesan secara FinFET.

Di dalam GPU ini, terdapat sekitar 150 miliar stransistor dan telah didukung oleh memori berteknologi High Bandwidth Memory generasi ke-2 (HBM2), yaitu teknologi memori yang paling cepat untuk saat ini. Hal tersebut juga menandakan bahwa NVIDIA telah siap dengan teknologi HBM2 yang kabarnya juga akan digunakan di kartu grafis kelas konsumen.

150 miliar transistor dalam sebuah chip memang terlihat mustahil. Menurut TweakTown, saat mewawancarai pihak NVIDIA, 150 miliar transistor tersebut terdiri dari 17 miliar transistor untuk unit GPU, dan sisanya merupakan transistor untuk unit HBM2. GPU Tesla P100 dikatakan telah siap dipasarkan, namun pihak NVIDIA masih belum memberitahu kapan GPU terbarunya ini akan mulai masuk pasar.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time