HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Penegak Hukum Diminta DPR Usut Kasus Panama Paper

6

HARIANACEH.co.id – Wakil Ketua DPR Agus Hermanto meminta aparat hukum menindaklanjuti kebocoran dokumen Panama Papers. Pasalnya, kasus tersebut merupakan bentuk pelanggaran hukum yang dapat merugikan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Apabila Indonesia terkena imbasnya, harus diselesaikan secara tuntas. Agar kehidupan berbangsa dan bernegara betul-betul sesuai aturan,” kata Agus Hermanto saat ditemui di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/4/2016).

Politikus Demokrat itu berharap, penegak hukum dapat bergerak cepat dalam mengusut pengusaha dan pejabat Indonesia yang terkait Panama Paper. Sehingga, tidak muncul kecurigaan yang dapat memperkeruh suasana dan semua pihak bisa kembali bekerja secara normal.

“Karena kasus Panama ini menggemparkan dunia,” ujar Agus.

Terkait anggota dewan yang masuk dalam daftar Panama Paper, Agus Hermanto menyatakan akan menyerahkan sepenuhnya kepada penegak hukum. DPR, lanjut Agus, hanya akan menindaklanjuti keputusan yang dikeluarkan penegak hukum.‎

“kita harus serahkan kepada aparat penegak hukum dan kita harus menerima sepenuhnya ‎keputusan aparat penegak hukum. Kalau keputusannya sudah inkrah, ya DPR harus menindaklanjuti,” ujar Agus.

Panama Papers merupakan bocoran dokumen yang mengungkap adanya investasi bodong dan pengemplang pajak, melibatkan klien-klien dari perusahaan hukum berbasis di Panama, Mossack Fonseca. Perusahaan tersebut mengurusi bebas pajak terbesar keempat di dunia.

Bukan hanya pengusaha, pimpinan dan pejabat negara, nama pesepak bola dunia Lionel Messi juga masuk dalam daftar tersebut. Ada 200 negara yang tercatat di Panama Paper, termasuk Indonesia.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time