HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Penuhi Kebutuhan Blok Masela, Jokowi Minta Disiapkan 12.000 SDM

6

HARIANACEH.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta secara khusus kepada Pemerintah Provinsi Maluku agar menyiapkan sebanyak 12.000 Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan mendukung pengelolaan Blok Masela.

“Kemarin malam saya sudah ketemu dengan Rektor Universitas Pattimura dan juga politekniknya, sudah saya sampaikan ada kebutuhan ini,” kata Presiden Jokowi, seperti dikutip dari Antara, setelah meresmikan dan meninjau Pelabuhan Tobelo di Halmahera Utara, Rabu (6/4/2016).

Presiden mengatakan pemerintah telah menghitung kebutuhan SDM untuk mengelola Blok Masela yang diperkirakan akan menyerap 12.000 SDM. Angka itu merupakan SDM yang terkait dengan keteknikan, belum termasuk SDM pendukung yang lain.

“Menristek Dikti kemarin juga sudah kontak dengan Rektor Universitas Pattimura, artinya persiapan seperti itu memang harus jauh-jauh sebelumnya, untuk Masela kan operasi kira-kira delapan tahun lagi tapi SDM harus disiapkan dari sekarang,” jelasnya.

Ia menegaskan, penyiapan SDM harus dilakukan agar jangan sampai kebutuhan itu justru dipenuhi dari SDM asing dari luar Maluku. “Disiapkan jangan sampai nanti diambil oleh misalnya yang di Jawa atau yang asing. Saya kira kita ingin agar wilayah menikmati dari sebuah proyek besar untuk pengembangan wilayah terutama di Indonesia Timur,” pungkasnya.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time