HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Fidel Castro Kritik Obama Setelah Tidak Muncul 9 Bulan

5

HARIANACEH.co.id – Ikon revolusi Kuba Fidel Castro muncul pertama kali di publik pada Kamis 7 April. Castro pun langsung mengkritik kunjungan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama ke Kuba.

Politikus berusia 89 tahun itu tampil di televisi dan tampak duduk bersama anak-anak. Saat itu Castro berbicara mengenai rekan sesama perjuangan di kala perang revolusi, Vilma Espin yang sudah wafat.

Terakhir kali Castro muncul di hadapan publik adalah sekitar 9 bulan lalu. Saat itu televisi Kuba menayangkan dirinya tengah bersama warga sipil yang bekerja untuk militer dan Kementerian Dalam Negeri Kuba.

Sementara dalam kemunculannya yang terakhir ini, Castro langsung mengkritik kunjungan Obama pada 20-23 Maret lalu. Kunjungan itu merupakan yang pertama kali dilakukan Presiden AS dalam waktu 80 tahun.

“Kita tidak butuh kekaisaran (AS) itu memberikan apa yang kita butuhkan,” ujar Castro, dalam sebuah suratkabar, seperti dikutip AFP, Jumat (8/4/2016).

Obama dan adik Castro yakni, Raul Castro memulihkan hubungan diplomatik kedua negara pada 2015 lalu. Pada saat kunjungannya ke Kuba, Obama menyatakan Perang Dingin sudah usai dan pihaknya akan menjangkau pemerintahan Castro.

Namun hubungan kedua negara saat ini masih terkendala embargo perdagangan dari AS. Selain itu, AS dan Kuba masih berbeda pendapat mengenai pemahaman terhadap HAM.

loading...