HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Format Lama Akan Digunakan Pada Kualifikasi F1 di GP Tiongkok

8

HARIANACEH.co.id – Otoritas Formula 1 akhirnya menuruti desakan seluruh pembalap dan tim terkait format kualifikasi. FIA dan Formula One Management mengonfirmasi bahwa format kualifikasi F1 akan kembali menggunakan format lama atau 2015.

Kamis pagi kemarin, 11 tim partisipan F1 musim ini kompak menuliskan surat kepada Presiden FIA, Jean Todt, bos F1 Bernie Ecclestone, dan pemegang hak komersial F1, CVC Capital Partners. Dalam suratnya, mereka kembali mendesak agar format kualifikasi diubah ke format tahun lalu.

Todt dan Ecclestone dikabarkan telah menerima tuntutan tersebut. Dan putusan akhirnya soal permasalahan ini akan diumumkan oleh komisi F1 dan Dewan Motor Sport Dunia. Namun, kabarnya itu hanya sebatas formalitas semata. Kedua otoritas di atas diyakini akan menuruti tuntutan para pembalap.

“Atas permintaan bulat dari tim di surat yang diterima hari ini, Jean Todt (presiden FIA), dan Bernie Ecclestone, perwakilan pemegang hak komersial, menerimanya untuk kepentingan kejuaraan. Proposal ini nantinya akan diserahkan kepada Komisi F1 dan Dunia Motor Sport Council untuk kembali ke format kualifikasi yang berlaku di tahun 2015,” demikian tertulis dalam sebuah pernyataan.

“Jika disetujui oleh otoritas F1, proposal ini akan berlaku sejak Grand Prix Tiongkok dan akan berlaku untuk sisa musim ini,” tutup pernyataan tersebut.

Format kualifikasi yang diterapkan F1 dalam dua seri balap terakhir ini memang terus menuai kecaman. Seluruh pembalap tidak senang dengan format kualifikasi live, di mana setiap pembalap dengan catatan waktu paling lambat dalam satu putaran, harus tereliminasi.

Mereka lebih memilih kembali menggunakan format kualifikasi lama di mana sesi kualifikasi terbagi menjadi tiga bagian (Q1, Q2, dan Q3). Dalam format kualifikasi ini, hanya ada enam pembalap yang tersisih di setiap sesi (Q1 dan Q2) untuk kemudian tersisa 10 pembalap di Q3 yang akan bertarung untuk memperebutkan pole positions.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time