HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Inilah Makanan yang Dapat Memicu Lonjakan Gula Darah

8

HARIANACEH.co.id – Penyakit diabetes menjadi salah satu penyakit menakutkan. Pada tingkat parah, diabetes menyebabkan berbagai kompikasi penyakit, seperti ginjal, jantung, bahkan kebutaan.

Diabetes atau kencing manis merupakan sebuah kondisi dimana pankreas tidak dapat memproduksi hormon insulin. Hormon ini berfungsi menyebarkan gula ke seluruh tubuh agar bisa diproses sebagai energi.

Kadar gula darah seseorang dikatakan tinggi jika mencapai 200 Mg/DL. Dalam ilmu medis, kondisi ini disebut hiperglikemia.

Diabetes sebenarnya dapat dicegah lewat penerapan gaya hidup sehat. Selain memperbanyak aktivitas fisik, disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan ultra proses atau makanan yang diolah secara instan.

Studi Jurnal Terbuka BMJ menganalisis 9 ribu partisipan. Para peneliti melihat makanan apa saja yang digemari masyarakat zaman sekarang. Hasil menunjukkan, 58 persen kalori yang dimakan berasal dari makanan ultra proses. Hanya ada 28 persen kalori yang berasal dari makanan tanpa proses. Sebanyak 14 persen kalori sisanya, berasal dari makanan dengan pemrosesan lebih tinggi, seperti keju, makanan kaleng dan minyak zaitun.

Makanan apa saja yang tergolong ultra proses?

1. Pizza

Makanan asal Italia ini sangat digemari karena rasanya yang lezat. Namun, perlu diketahui, pizza mengandung 10 gram lemak dan 4,4 gram lemak jenuh. Jumlah tersebut belum temasuk topping.

2. Pie atau kue

Makanan berbahan dasar mentega memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi untuk setiap gigitannya.

3. Soda

Minum satu botol soda sama saja dengan minum satu gelas gula. Selain soda, makanan yang termasuk ultra proses lainnya adalah burger, sereal dan snack.

Komentar
Sedang Loading...
Memuat