HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Di Inggris Dipamerkan Lukisan Telanjang Donald Trump

5

HARIANACEH.co.id – Sebuah karya seni kontroversial yang memperlihatkan kandidat Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik, Donald Trump dalam keadaan telanjang, dipamerkan di Inggris.

Karya seni ini sebelumnya dilarang untuk dipamerikan di AS. Namun lukisan itu bisa dipamerkan dengan bebas di Negeri Ratu Elizabeth.

Lukisan karya Illma Gore itu di AS dianggap melanggar aturan, teruma di Facebook yang menilai lukisan ini tidak cocok untuk diposting.

Saking kontroversinya lukisan itu, Gore pun mendapatkan ancaman pembunuhan. Dia juga diancam akan dituntut juga menjual lukisan ini karena dianggap melanggar hak publisitas atas penggunaan untuk kepentingan komersil dari Trump.

Meskipun gambar Trump dalam lukisan itu tersebar melalui sosial media, sejak diposting 9 Februari lalu, karya lukis aslinya tidak pernah dipamerkan. Namun Galeri Maddox bersedia untuk memamerkan lukisan itu mulai 11 April.

“Ini karyanya yang sangat menarik dan ada banyak kepentingan serta perdebatan yang menyertainya,” ujar Direktur Galeri Maddox James Nicholls, seperti dikutip Telegraph, Sabtu (9/4/2016).

“Beberapa orang akan merasa terhina tetapi orang lain akan melihat sisi humor dari karya Gore,” lanjutnya.

Nicholls menambahkan, dengan pameran ini bisa membuka kesempatan bagi warga London melihat karya aslinya dan menentukan pendapatnya sendiri.

Sementara Gore sendiri menilai lukisan berjudul “Make America Great Again” dibuat untuk memicu reaksi dari yang melihatnya. Entah pendapat mereka baik atau buruk, hal tersebut tidak berpengaruh untuk Gore.

loading...