HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Kenapa Mode Airplane Harus Diaktifkan di Pesawat? Ini Alasannya

15

HARIANACEH.co.id – Pengguna smartphone yang sering bepergian dengan pesawat mungkin telah familiar dengan mode Airplane. Pada penerbangan, pramugari dan pilot selalu mengingatkan pengguna menonaktifkan smartphone atau mengaktifkan mode ini. Berikut alasannya.

Seperti yang dilansir Conde Nast Traveler, peraturan ini pertama kali diimplemetasi pada tahun 1990-an. Hal ini karena kekhawatiran terkait frekuensi mobile yang disebut dapat menyebabkan kesalahan fungsi pada sistem elektronik pesawat, bahkan terjadi tabrakan.

Belum pernah terbukti menjadi penyebab kecelakaan penerbangan, pilot mencatat transmisi sinyal ponsel dapat menyebabkan gangguan audibel pada radio pesawat terbang. Hal ini menyebabkan radio terdengar suara CD rusak.

Gangguan ini juga dapat memblokir frekuensi radio selama satu hingga dua detik dan menimbulkan kebingungan antara pilot dan menara pengawas penerbangan atau ATC. Selain itu, gangguan ini disebut bergantung pada berbagai faktor.

Faktor tersebut di antaranya, jarak jangkauan sinyal perangkat saat mengirim atau menerima panggilan, umumnya antara 5.000 dan 10.000 kaki, jarak ponsel dengan kokpit dan model perangkat.

Salah satu pilot memperkirakan telah mendengar suara blip sebanyak dua hingga tiga persen dari total jam terbangnya. Namun, pilot tersebut menambahkan, dengan kehadiran pesawat, model ponsel, dan teknologi penerbangan lebih mutakhir, hal ini semakin jarang terjadi.

loading...