HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Perlambatan Produksi AS Dorong Harga Minyak Dunia Naik

4

HARIANACEH.co.id – Harga minyak dunia melonjak pada Jumat waktu setempat (Sabtu pagi WIB), menutup perdagangan seminggu dengan keuntungan, dibantu indikator-indikator pelambatan produksi AS dan harapan pembekuan pada pertemuan produsen di Doha.

Mengutip Antara, Sabtu 9 April, patokan AS, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Mei mengalami kenaikan sebanyak USD2,46 menjadi menetap di USD39,72 per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara itu, minyak mentah Brent North Sea, patokan Eropa, untuk penyerahan Juni, naik USD2,51 menjadi ditutup pada USD41,94 per barel di perdagangan London. Kedua kontrak naik delapan persen atau lebih selama seminggu, karena penurunan stok dan produksi AS yang lebih lemah membantu sentimen pasar.

Pada Jumat gambaran pelambatan berkepanjangan dalam produksi minyak di Amerika Utara terangkat oleh penurunan lagi dalam jumlah rig pengeboran yang aktif di Amerika Serikat dan Kanada. Jumlah rig AS turun delapan rig pada pekan lalu ke tingkat terendah multi-dekade 354 rig, menurut  penghitungan mingguan Baker Hughes.

Awal pekan ini Pemerintah AS melaporkan penurunan lagi dalam produksi minyak mentah domestik ke hampir di atas sembilan juta barel per hari setelah mencapai puncaknya pada sekitar 9,7 juta barel per hari setahun lalu. Selain itu, persediaan minyak mentah komersial AS secara tak terduga merosot dalam pekan yang berakhir 1 April.

Para pedagang, sementara itu, mengatur perhatian mereka pada pertemuan 17 April, dipimpin oleh Rusia dan Arab Saudi, untuk membahas langkah-langkah guna menstabilkan harga, termasuk pembekuan produksi di tingkat Januari.

James Williams dari WTRG Economics mengatakan pasar minyak mungkin akan diperdagangkan secara bergelombang menjelang pertemuan itu. “Antara sekarang dan pertemuan Doha, kita akan melihat pasar naik dan turun banyak bergantung pada apa yang dikatakan anggota OPEC,” tutup Williams.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time