HARIAN ACEH INDONESIA
HARIANACEH.co.id

Purwo Santoso: Aroma Politik Sangat Kental pada Isu Reshuffle

3

HARIANACEH.co.id –  Rencana pergantian menteri atau reshuffle oleh Presiden Joko Widodo lebih kental untuk politiknya dibandingkan dengan evaluasi kinerja kabinet.

Pakar Ilmu Politik Pemerintahan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Purwo Santoso menduga ke arah sana karena peta kekuatan politik telah berubah menyusul banyaknya dukungan politik dari kubu Koalisi Merah Putih (KMP).

“PAN dan PKS mulai merapat, sehingga Jokowi perlu bermanuver untuk memperkuat pendukung,” ujar Purwo, di kampus UGM Yogyakarta, Sabtu (9/4/2016).

Ia menilai kocok ulang menteri ini merupakan konsekuensi logis atas dukungan politik yang diberikan parpol KMP yang notabene lawan utama Jokowi dkk dalam pilpres 2014 lalu. Adanya kepentingan politik dalam pemilihan menteri menurutnya wajar selama orang-orang yang dipilih berkompeten di bidangnya.

“Semuanya tidak pernah lepas dari politik. Selama orangnya kompeten dan berpikir untuk Indonesia, bukan kepentingan partai, itu normal dalam politik,” jelas dosen Jurusan Politik dan Pemerintahan, Fisipol UGM, ini.

Ia berharap menteri baru yang terpilih nanti tidak mengubah desain besar Nawa Cita dan kebijakan yang sudah dibuat menteri sebelumnya.

“Yang terpilih nanti harus lebih ke arah eksekutor design yang sudah dibentuk menteri sebelumnya. Jangan sampai ganti menteri ganti kebijakan,” kata guru besar Ilmu Pemerintahan UGM ini.

Sinyal reshuffle menguat setelah Presiden Jokowi memanggil sejumlah tokoh ke Istana Negara.

loading...
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news, updates and special offers delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time